Korpri Sosialisasikan Upacara Pemakanan Kedinasan

56
Ilustrasi.

Banyuasin, SumselSatu.com

Prosesi pemakaman tidak hanya dimiliki TNI/Polri saja, Korpri akan memberikan penghormatan terakhir bagi anggota korpsnya yang meninggal dunia. Hal ini dikatakan oleh Ketua Korpri Kabupaten Banyuasin Dr Ir H Firmansyah, MSc, melalui Sekretaris Parjianto, SSos, MSi, ketika ditemui di ruang kerjanya Rabu, (18/4/2018).

Dikatakannya, Korps Pegawai Negeri (Korpri) Kabupaten Banyuasin telah menggelar sosialisasi upacara pemakaman jenazah anggota KORPRI yang meninggal dunia secara kedinasan, beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lima kecamatan dan dibuka oleh Ketua Dewan pengurus Korpri kabupaten banyuasin, Dr Ir H Firmansyah, MSc, didampingi sekretaris Parjianto, SSos, MSi.

Parjianto menyebutkan, pelatihan ini dilakukan guna menambah kemahiran para ASN untuk menggelar pemakaman secara kedinasan bagi ASN yang meninggal dunia.

“Sebagai korps yang membawahi ASN, kami juga berkewajiban mengurus ASN yang meninggal dunia. Tidak hanya berupa santunan kepada keluarga, namun pemakaman juga diurus secara kedinasan,” jelas Parjianto.

“Pemakaman secara kedinasan ini bentuknya mirip dengan upacara pemakaman secara militer. Tapi ini berlaku untuk CPNS dan PNS yang masih aktif. Syarat lain, pegawai yang meninggal harus mendapat persetujuan pemakaman kedinasan dari keluarga. Jika bersedia, akan dipersiapkan upacara yang terdiri dari upacara penyerahan dan upacara pelepasan jenazah,” lanjutnya.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Banyuasin, Dr Ir H firmansyah, MSc, menyebutkan, Korpri Banyuasin terus berupaya memperbaiki kinerja sebagai rasa kepedulian dan kesetiakawanan terhadap sesama anggota Korpri.

“Kita terus berupaya memaksimalkan kinerja dalam mengabdi kepada negara, namun di samping itu sebagai struktur organisasi yang membawahi ASN Korpri harus mampu berperan aktif untuk memberikan kesejahteraan bagi anggotanya, salah satunya adalah melakukan penghormatan terhadap ASN yang meninggal dunia,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekda Banyuasin ini

Di antara rasa peduli tersebut, adalah Korpri memberikan santunan bagi anggota yang sakit, meninggal dunia dan pensiun, juga penghormatan negara kepada anggota Korpri yang meninggal dunia dengan dilaksanakan upacara pemakaman secara kedinasan.

“Upacara secara kedinasan ini adalah sebagai bentuk kehadiran negara khususnya Pemkab Banyuasin untuk setiap anggotanya, serta bentuk kepedulian terhadap anggota KORPRI di lingkungan unit kerjanya,” sambungnya. #fri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here