Kualitas Penyuluh Pertanian di OKI Harus Ditingkatkan

75
Kegiatan dan seminar penyuluh non teknis di Gedung Kesenian.

Kayu Agung, SumselSatu.com

Sebanyak 218 tenaga penyuluh yang terdiri dari penyuluh pertanian tanaman pangan, penyuluh perkebunan peternakan, penyuluhTHL TB-PP, penyuluh non-ASN dan penyuluh swakarsa mengikuti kegiatan seminar dan pertemuan teknis di Gedung Kesenian, Rabu-Kamis (15-16/11/2017). Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan kualitas penyuluh pertanian di Kabupaten OKI.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Ketahanan Pangan, dan Hortikultura Syarifuddin, SP, mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk penyusunan rencana kerja penyelenggaraan penyuluh.

Kemudian, menyusun matriks pengawalan dan pendampingan penerapan rekomendasi tekhnologi spesifik, serta menyusun rencana evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian kegiatan Kementerian Pertanian Tanaman Pangan.

Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas penyuluh dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat.

“Walaupun jumlah penyuluh kurang dibanding jumlah desa dan kelurahan di OKI, namun diharapkan penyuluh bisa lebih aktif dan peka terhadap para petani untuk melakukan pendampingan,” kata Syarifuddin.

Sementara Bupati OKI H Iskandar, SE, yang membuka kegiatan tersebut berharap agar penyuluh dapat menjaga produksi pertanian di OKI. Dengan kondisi cuaca saat ini diharapkan produksi pertanian tetap terjaga.

Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut, di antaranya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultira Sumsel, Kodim 0402 OKI, Polres OKI, Bappeda, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura OKI, Dinas Peternakan dan Perkebunan OKI, dan Dinas Perikanan. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here