Mansapa Sabet Juara Guru Berprestasi

54
Prosesi pengumuman guru berprestasi.

Palembang, SumselSatu.com

Setelah melakukan beberapa kali tahapan seleksi dari tanggal 10 Nopember sampai dengan bulan Desember, akhirnya dua guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Palembang (Mansapa) berhasil mendapatkan juara kedua dan ketiga lomba guru berprestasi tingkat Kota Palembang.

Guru tersebut adalah Amalia, guru fisika yang meraih juara kedua dan Titik Khusnuniati, guru bahasa arab yang menyabet juara ketiga.

Hadir pada grand final acara bertajuk ‘Palembang Emas Mencari Bakat dan Guru Berprestasi’ Walikota Palembang Harnojoyo, Kabag Kesra DR Riza Fahlevi, Kabag Pemko dan Kepala Kemenag Kota Palembang H Darami, serta dewan juri dari beberapa lembaga seperti Direktur ICA DR Apriantoni, Kepala MAN 1 Palembang Hj Rusmala Dewi, serta finalis lomba guru berprestasi.

Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk menghargai kerja keras guru dalam mendidik penerus bangsa berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam Undang-Undang ini disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Semangat guru dalam mengikuti kegiatan ini menjadi satu tolak ukur kami untuk tetap memberikan penghargaan kepada guru-guru yang memang pantas mendapat predikat sebagai guru berprestasi. Penilaian yang dilakukan berdasarkan kompetensi paedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial  dan kompetensi profesional yang menjadi salah satu acuan dalam penilaian tersebut. Semoga dengan acara ini menjadikan dedikasi guru lebih baik lagi dari sebelumnya,” ujar Kepala Kemenag Kota Palembang H Darami.

Menurut dia, guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan, mencakup empat kompetensi yaitu paedagogik, kepribadian, sosial dan profesional, menghasilkan karya inovatif yang diakui baik pada tingkat daerah, nasional  atau  internasional.

Kemudian secara langsung membimbing peserta didik hingga mencapai prestasi di bidang intrakurikuler dan/ atau ekstrakurikuler. Berdasarkan kriteria tersebut maka pelaksanaan lomba meliputi keempat kompetensi tersebut yang dilakukan melalui tes tertulis, unjuk kerja, observasi, wawancara, portofolio dan presentasi karya ilmiah.

“Selamat kepada guru-guru Mansapa yang telah mendapatkan juara kedua dan juara ketiga. Ini menjadi kebanggaan dan contoh bagi guru-guru Mansapa yang lain agar bisa meneruskan perjuangan. Semoga ini menjadi penyemangat untuk para guru dalam mendidik siswa siswi Mansapa menjadi lebih baik lagi dan  ini menjadi dedikasi yang membanggakan bagi MAN 1 Palembang,” timpal Kepala MAN 1 Palembang Hj Rusmala Dewi. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here