Mendagri Harap Kenaikan Dana Parpol 10 Kali Lipat Dipakai Maksimal

32
Mendagri Tjahjo Kumolo

Jakarta, SumselSatu.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menanggapi dana partai politik yang telah disetujui Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati jadi Rp 1.000/suara. Tjahjo berharap dana parpol yang naik 10 kali lipat itu dimaksimalkan untuk kepentingan Parpol.

“Saya kita sejak awal kalau saya sudah menyampaikan secara terbuka Rp 108 jauh dari harapan, karena partai kan harus menggerakkan, mengorganisir, melatih kader, kemudian proses kaderisasi proses rekrutmen mulai dari DPRD, DPR, sampai Presiden,” ujar Tjahjo di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2017).

Menurutnya naiknya dana Parpol merupakan komitmen pemerintah untuk memperhatikan parpol yang ada. Dia berharap Parpol semakin mampu menggerakkan dan mengorganisir dana tersebut.

“Dengan naiknya angka yang cukup besar walaupun angkanya sama dengan yang 2009 lalu tapi, ini komitmen pemerintah yang bagian dari proses politik memperhatikan partai politik. Semoga partai politik akan bisa semakin mampu menggerakkan, mengorganisir, transparan, termasuk anggaran yang akan kita lihat tahun depan kalau kondusif,” katanya.

Dana Parpol ini sudah dapat dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional tahun 2018. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga akan memantau dana Parpol tersebut.

“Saya kira APBN tahun depan tidak ada masalah, sudah keluar lah. Saya kira ada audit BPK juga biar partai memberi pertanggungjawaban dengan baik, mudah-mudahan pemerintah bisa meningkatkan, tapi kontribusi partai juga akan semakin baik,” imbuhnya. (min/dtk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here