Menkes: Tak Ada Cara Mencegah Difteri Kecuali Vaksinasi!

34
Menkes Nila Moeloek

Bogor, SumselSatu.com

Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek kecewa masih ada kelompok masyarakat yang menolak vaksinasi difteri. Padahal dampak penyakit difteri bisa mematikan.

“Sesuatu yang harus, saya kira kita harus lakukan, jadi artinya, sekarang kalaupun ini mematikan atau akan menjadikan wabah, apa kita bilang tetap nggak mau? Saya kira nggak boleh,” kata Nila seusai rapat terbatas tentang penanganan difteri di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Nila menegaskan saat ini tak ada cara untuk mencegah difteri selain vaksinasi atau peningkatan kekebalan tubuh. Jadi jangan sampai masih ada yang menolak vaksinasi.

“Kalau (misalkan) saya sendiri yang kena, ya oke. Tapi kalau kalian juga kena gimana? Merugikan orang jangan ya,” imbuh Nila.

Nila juga sudah minta tolong kepada Menteri Agama agar memberi penjelasan supaya seluruh masyarakat bisa menerima vaksinasi. Difteri sudah menjadi kejadian luar biasa (KLB) yang bisa mengakibatkan kematian sehingga disarankan tak boleh menolak vaksinasi.

Sementara itu, Kemenkes terus memastikan ketersediaan vaksinasi difteri. Selain diproduksi oleh PT Biofarma, vaksin difteri akan diimpor dari India. #min/dtc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here