Muratara Canangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

44
GERMAS-----acara sosialisasi Germas di Pemkab Muratara. (FOTO:SS1/Hengky)

Muratara, SumselSatu.com

Pemerintah Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Sosialisasi Germas dilakukan Ketua Tim Penggerak PKK Muratara Rita Devi Suhartoni, Sekretaris Daerah Setda Pemkab Muratara Abdullah Makcik, dan Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Rusniati Abdullah Makcik, serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Jumat (11/8/2017,) di halaman Pemkab Muratara.

Sekda Muratara Abdullah Makcik mengatakan, ada empat hal yang mesti dilaksanakan dalam perilaku hidup sehat. Yakni melakukan aktifitas fisik, makan buah-buahan dan sayuran, memeriksa kesehatan secara rutin, dan berdoa kepada Allah SWT.

Germas sebagai upaya preventif dan promotif dalam menumbuhkembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Gerakan dan komitmen penandatanganan Germas ini harus didukung, khususnya segenap OPD. Agar menjadi contoh masyarakat luas Kabupaten Muratara,” ujar Abdullah Matcik.‎

Ketua Tim Penggerak PKK Muratara Rita Devi Suhartoni mengatakan, baik secara pribadi maupun organisasi TP PKK, dia mengajak Program Germas nyata diterapkan di masyarakat.

“Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan,” kata Rita Devi.

‎Pemkab Muratara mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, dan mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat.

“Mari budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat,” katanya.‎ #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here