NKRI Harga Mati, Pancasila Sudah Final

37
Ilustrasi

Palembang, SumselSatu.com

Ratusan umat Katolik Keuskupan Agung Palembang memadati Gereja St Yoseph, yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Km 2 Palembang, untuk mengikuti Perayaan Ekaristi dan Dialog Pancasila, Minggu (1/10/2017). Dalam Kegiatan ini turut hadir dan sekaligus selaku narasumber, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, RP Prof Dr F Magnis Suseno, SJ, dan Dr LR Retno Susanti, M Hum.

Adapun tema yang diangkat pada Perayaan Ekaristi dan Dialog Pancasila kali ini adalah “Panggilan dan Perutusan Gereja Untuk Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila Dalam Masyarakat”.

Selaku salah satu narasumber, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki mengungkapkan bahwa Pancasila sebagai Ideologi Negara sudah final, siapapun tidak boleh mengubahnya. Indonesia yang terdiri dari bermacam suku, agama, warna kulit, bahasa dan adat istiadatnya tetap utuh karena Pancasila.

“Jangan sampai negeri ini menjadi kancah konflik antar agama dan antar kelompok serta antar kepentingan. NKRI Harga Mati dan Pancasila Sudah Final”, tandas Kolonel Inf Suko Basuki.

Sementara itu, Prof Dr Magnis Suseno, SJ, juga menyampaikan bahwa, Pancasila adalah kunci yang sangat hebat, Pancasila menyatukan seluruh suku, agama dan identitas dan Pancasila pemersatu bangsa.

“Kita berbicara tentang nilai-nilai Pancasila yang memiliki lima sila. Lima sila dalam Pancasila adalah nilai-nilai bangsa sejak zaman bung Karno,” ucapnya.

“Pancasila memberikan kebebasan beragama, tetapi tidak bisa memaksakan suatu agama. Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum,” pungkasnya. #Ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here