Program Serasi, 5.850 Hektar Sawah di PALI Akan Dioptimalkan

26
SERASI ---- Salah satu areal persawahan di Kabupaten PALI yang masuk Program Serasi. (FOTO: SS1/ABI)

PALI, SumselSatu.com

Program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) yang dicanangkan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) akan mengoptimalkan lahan persawahan seluas 5.850 hektar di Kabupaten PALI.

Hal itu dikatakan Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, ST, MM, Selasa (7/5/2019). Dia menerangkan, pengoptimalan lahan sebesar 5.850 hektar itu dengan cara memperbaiki saluran air di persawahan.

“Sebanyak 5.850 hektar persawahan di lima kecamatan di Kabupaten PALI akan mendapatkan alokasi perbaikan saluran air, yang mana program ini merupakan bentuk optimalisasi sawah,” terang Jhoni.

Sementara untuk pelaksanaannya, sambung dia, pada Juli 2019 nanti. “Sejauh ini dari Kementerian dan Dinas Pertanian Kabupaten sudah melakukan survei investigasi dan desain (SID),” paparnya.

Jhoni menjelaskan, program ini untuk menyelesaikan permasalahan sawah yaitu sawah kebanjiran saat hujan turun dan kekeringan saat musim kemarau.

“Optimalisasi sawah sendiri dengan tujuan untuk mengatasi kekeringan air pada musim kemarau dan kebanjiran saat musim hujan. Targetnya index produksi petani sawah di PALI meningkat,” tutup Jhoni.¬†#abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here