Hindari Coret-Coret dan Konvoi, Kelulusan SMA/SMK Diumumkan Malam Hari

43
Kepala SMKN 2 Palembang Drs H Zulkarnain, MT. (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Pengumuman kelulusan siswa SMA dan SMK dilaksanakan serentak pada 8 Mei. Untuk menghindari siswa melakukan coret-coret dan konvoi, pengumuman dilakukan lewat internet pada malam hari pukul 19.00 WIB.

Kepala SMKN 2 Palembang Drs H Zulkarnain, MT, dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (8/5/2019), mengatakan, sebelum menentukan kelulusan siswa kelas XII, pihaknya melakukan rapat bersama seluruh jajaran wali kelas dan guru.

“Siswa kita ada 926 orang yang mengikuti UNBK. Satu siswa tidak ikut UNBK, dan sampai hari ini tidak ada kabarnya lagi. Malam ini pukul 19.00,  kita umumkan kelulusan siswa di website smkn2 palembang,” ujar Zulkarnain.

Untuk kriteria kelulusan, siswa harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran, ikut USBN, UNBK, dan uji kompetensi keahlian. Selain itu, nilai kepribadian siswa juga harus baik.

Zulkarnain menambahkan, pihaknya sudah mengimbau ke siswa jangan sampai menyambut kelulusan dengan mengganggu ketertiban masyarakat seperti konvoi dan coret-coret pakaian. Lebih baik seragam yang tidak akan dipakai lagi itu disumbangkan ke panti asuhan dan anak yang membutuhkan.

“Kita tidak memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar, tapi kita sudah menekankan agar siswa harus menjaga nama baik sekolah,” tegas Zulkarnain.

Hal senada diungkapkan Wakil Kepala SMKN 3 Palembang Bidang Humas Darmawan Sihombing. Dia menuturkan, kriteria kelulusan siswa berdasarkan Permendiknas Nomor 3 tahun 2017, BSNP nomor 7 dan BSNP nomor 8.

Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan jika menyelesaikan seluruh mata pelajaran, nilai rapor bagus, ikut USBN, uji kompetensi, dan ikut UNBK.

“Siswa cukup melihat di website aplus. smkn3plg-info. sch. Id pada pukul 19.00 WIB. Kita menghindari siswa konvoi, siswa coret coret pakaian. Kalau kedapatan, surat keterangan lulus (SKL)  dan  surat hasil ujian nasional (SHUN) sementara kita tahan. Sudah kita sudah sosialisasikan saat perpisahan,” katanya.

Terpisah, Wakil Humas SMAN2 Palembang Rosidah mengungkapkan, jumlah siswa kelas XII di SMAN 2 Palembang sebanyak 392 siswa.

“Pengumuman diumumkan secara online jam 7 malam ini.  Ini untuk menghindari siswa dari coret coret, konvoi. Selain itu, kita juga ingin menjaga agar di bulan Ramadan ini, siswa tidak mengganggu ketertiban di jalan,” tandasnya.  #nti 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here