Selain Beasiswa, Pemkab PALI Beri Bantuan Mahasiswa Terdampak Covid

60
BERFOTO-----Bupati PALI Heri Amalindo (berbaju putih dan berpeci) berfoto bersama mahasiswa asal PALI beberapa waktu lalu. (FOTO: IST/DOK.DISDIKPALI)

PALI, SumselSatu.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali membuka kesempatan kepada mahasiswa asal Kabupaten PALI untuk mendapatkan beasiswa.

Selain beasiswa, di 2020, Pemkab PALI akan memberikan bantuan langsung untuk mahasiswa yang terdampak maraknya kasus penyakit akibat serangan Virus Corona 2019 atau Corona Virus Disease 2019 (Covid 19).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) PALI Kamriadi, SPd, MSi, mengatakan pada Selasa (18/8/2020), pihaknya telah mengelar rapat secara online Sosialiasi Bantuan Beasiswa Mahasiswa Tahun 2020. Rapat dihadiri Dewan Pendidikan PALI, dinas terkait, perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa PALI (HimaPALI), dan aktifis desa PALI.

“Mekanisme penyaluran beasiswa mahasiswa tahun 2020 tetap sama dengan mekanisme tahun lalu, yakni melalui seleksi dengan beberapa tahapan,” ujar Kamriadi, Rabu (19/8/2020).

Kamriadi menjelaskan, tahapan pertama, calon penerima mendaftar melalui www.disdik.palikab.go.id., dilanjutkan dengan tahapan seleksi  yang dilakukan tim verifikasi.

Tim verifikasi melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) diketuai Sekretaris Sekretariat Daerah (Sekda) dan  Asisten Bidang Administrasi Umum Setda PALI sebagai Wakil Ketua. Anggota terdiri dari Disdik, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Inspektorat Daerah, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Sosial, Balitbangda, Bagian Hukum Setda dan Bagian Kesra Setda PALI.

Disampaikan Kamriadi, pada 2019 lalu, ada 72 mahasiswa yang mendapat beasiswa dan bisa mengajukan perpanjangan untuk tahun ini. Pemkab PALI juga membuka kesempatan bagi calon penerima beasiswa yang baru. Mahasiswa akan mendapat beasiswa Rp1,4 juta per bulan selama satu tahun.

“Selain itu ada bantuan langsung bagi mahasiswa yang terdampak Covid. Jumlah bantuan akan disesuaikan dengan jumlah penerima,” katanya.

Dia mengatakan, pendaftaran di website Disdik PALI telah dibuka mulai 19 Agustus 2020. Berdasarkan Surat Edaran Bupati PALI tanggal 18 Agustus 2020 yang ditandatangani Bupati PALI Heri Amalindo, pendaftaran beasiswa dilaksanakan pada 19 Agustus-17 September 2020. Seleksi akan dilakukan mulai 18 September hingga 31 Oktober 2020. Penetapan dan pengumuman penerima beasiswa mahasiswa dijadwalkan pada 1-9 November 2020.

Ketua HimaPALI Unsri Subagio menyambut baik bantuan langsung bagi mahasiswa terdapak Covid-19.  Penerima beasiswa mahasiswa 2019 itu berharap agar seleksi beasiswa mahasiswa 2020 berjalan dengan baik.

“Saya dan kawan-kawan penerima beasiswa merasakan manfaat beasiswa ini. Semoga saja, kuota tahun ini bertambah, sehingga semakin banyak mahasiswa PALI yang terbantu dalam menempuh pendidikan tinggi,” ujar Subagio. #wik

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here