Sembilan Tikungan Lematang akan Diperluas

78
Andi Pratama

Palembang, SumselSatu.com

Di tahun 2018 akan ada perbaikan di sembilan titik tikungan di jalan lintas Pagaralam-Lahat. Selain perbaikan permanen Jembatan Endikat, tikungan-tikungan juga akan diperlebar atau ada perluasan.

“Sembilan titik tikungan yang akan diperluas ini, yakni mulai dari Jembatan Lematang sampai dengan ke atasnya,” ujar Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional (PJN) wilayah II Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Balai Besar Perbaikan Jalan Nasional Wilayah V, melalui Asisten Pelaksanaan dan Pengawasan Satker PJN wilayah II Sumsel Andi Pratama, ketika dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (26/12/2017).

Lanjutnya, perluasan tikungan ini memang menjadi program nasional di tahun 2018, karena jalan lintas Pagaralam-Lahat merupakan wewenang Balai Besar Jalan Nasional wilayah V.

“Ya, ini memang program kerja kita di tahun depan, karena dari tahun 2009 jalan itu bukan lagi di urus oleh pemerintah daerah setempat ataupun pemerintah provinsi sumsel, melainkan tanggung jawab negara”, ungkapnya.

Perbaikan tikunganya sendiri dilakukan setelah Jembatan Endikat selasai diperbaiki dan diprediksi akan memakan waktu cukup lama. “Selesai Jembatan Endikat, kita baru perlebar sembilan tikungan Lematang. Karena kalau bersamaan bisa timbul kemacetan panjang. Apalagi kita harus bongkar-pasang tebing yang bisa memakan waktu”, ujarnya.

Perluasan sembilan titik tikungan Lematang ini, dibeberkan Andi, diperkirakan akan memakan dana sekitar 19,20 M. “Dana ini dari APBN, sudah untuk semua total perluasan 9 titik tikungan,” jelas dia.

Tambahnya, setelah sembilan titik tikungan Lematang, ke depan bakal ada perluasan tikungan lagi di beberapa lokasi jalan lintas Pagaralam-Lahat, seperti Tikungan Endikat dan tikungan sebelum dan sesudah Jembatan Endikat.

“Harusnya Tikungan Endikat kita perluas juga, tapi kemungkinan perluasannya di tahun 2019”, tutupnya. #ard 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here