Setelah Hijau, Di PALI Ada 2 Positif Covid-19

31
Foto diambil dari covid19.go.id

PALI, SumselSatu.com

Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) telah berstatus hijau setelah tidak ada warganya penderita penyakit akibat serangan Virus Corona 2019 atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Namun, hasil pemeriksaan swab menunjukkan dua warga PALI positif Covid-19. Tes swab adalah tes untuk mendeteksi infeksi Virus Corona menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) atau Reaksi Polimerase Berantai.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTP2) Kabupaten PALI Mudakir, SKM, MKes, menyampaikan, ada 11 orang yang diperiksa swab. Hasilnya, dua orang dinyatakan positif terkena Virus Corona. Keduanya dari Kecamatan Talang Ubi.

“Semalam keluar lagi 11 hasil tes swab. Sembilan hasilnya negatif dan dua positif,” ujar Mudakir, Senin (8/6/2020).

Warga positif Covid-19 langsung dievakuasi untuk dilakukan tindakan medis lanjutan dan diisolasi di RSUD Talang Ubi.

“Anggota keluarga bakal kami lakukan swab serta ditelusuri orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan supaya penyebarannya bisa kami tekan,” kata Mudakir.

Mudakir menyampaikan, total warga PALI terkonfirmasi Covid-19 sebanyak lima orang. Salah satunya perawat, dan satu orang asal Tanah Abang yang sudah dinyatakan sembuh.

“Ada empat warga PALI yang dirawat, satu perawat yang asal Lahat tapi berdomisili dan bertugas di PALI. Jadi jumlah keseluruhannya ada lima kasus. Seluruh yang terkonfimasi ditempatkan di ruang isolasi RSUD PALI. Untuk OTG yang berada di rumah sehat yang hasil swabnya negatif sudah diperbolehkan pulang,” katanya.

Ketua Harian TGTP2 Covid-19 PALI Junaidi Anuar mengatakan, untuk menekan laju penyebaran Virus Corona, pihaknya siap melakukan sterilisasi di wilayah sekitar warga yang terkonfimasi Covid-19.

“Kemarin kami telah lakukan sterilisasi, dan upaya ini bakal kami lakukan di sekitar warga yang positif. Untuk itu, kami berharap seluruh masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Juga dengan perkembangan saat ini, warga PALI tidak usah panik, tetap tenang dan tetap jaga kesehatan,” ujar Junaidi. #abi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here