Siswa Harus Diberi Ruang Berkreasi

37
KOMPETISI --- Acara pembukaan Kompetisi Seni dan Sains (Aksi 17) tingkat SMA, SMK, MAN se-Sumsel dan SMP se-Kota Palembang, Sabtu (20/4/2019). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Siswa-siswa yang sedang dalam tahap pertumbuhan harus diberikan ruang untuk berkreasi. Salah satu caranya dengan berkompetisi untuk mengaktualisasikan bakat yang dimiliki anak.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Sumsel, Fahlevi Maizano usai membuka ajang Kompetisi Seni dan Sains (Aksi 17) tingkat SMA, SMK, MAN se-Sumsel dan SMP se-Kota Palembang, di gedung Aula SMAN Plus 17 Palembang, Sabtu (20/4/2019).

Fahlevi mengatakan, anak muda harus memiliki motivasi dan inovasi. Kalau mereka hanya mempunyai motivasi itu hal biasa, karena tidak ada yang dicapai untuk kedepan. “Kalau ada inovasi tanpa ada motivasi itu mimpi atau berkhayal,” ujarnya.

Dengan kondisi yang ada, lanjut dia, anak muda harus diberikan ruang. baik itu kesenian, olahraga, maupun sains.

“Anak tidak cukup hanya ilmu akademis, anak harus dibimbing dan diberikan kesempatan untuk mengembangkan bakatnya. Saya yakin akan muncul,” ucap Fahlevi.

Sementara itu, Kepala SMAN Plus 17 Palembang, Parmin Suwito, SPd, MM menambahkan, kegiatan ini berlangsung 20 hingga 23 April 2019, diikuti 1.500 peserta dari 25 sekolah di Palembang dan 11 sekolah di luar Palembang, serta SMP ada 12 sekolah. Perlombaan ini mempertandingkan 30 cabang lomba sesuai jenisnya.

“Kegiatan ini sangat penting bagi anak nantinya untuk jujur dan bertanggung jawab. Peserta diharapkan dapat menunjukkan bakatnya dalam berkompetisi. Selain itu, ini juga sebagai bentuk pembinaan karakter dan pengembangan kemampuan anak, tidak dari sisi akademik namun non akademik,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here