SMPN 9 Palembang Percontohan Perpustakaan Digital

41
PERPUSTAKAAN DIGITAL---Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto (berkacamata) saat melihat Perpustakaan Digital SMP Negeri 9 Palembang, di Ruang Perpustakaan SMP Negeri 9 Palembang, Senin (7/10/2019). (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Kota Palembang, memiliki Perpustakaan Digital. Acara peluncuran atau launching perpustakaan elektronik itu dilaksanakan di halaman SMP Negeri 9 Palembang, di Jalan Rudus, Sekip Ujung, Kemuning, Palembang, Senin (7/10/2019).

Perpustakaan Digital SMP Negeri 9 Palembang itu menjadi pilot project atau proyek percontohan/rintisan di Palembang. Diharapkan, semua sekolah di Palembang akan memiliki perpustakaan digital.

“Perpustakaan digital harus ada di semua sekolah di Kota Palembang,” ujar Ahmad Zulinto, SPd, MM, sebelum meluncurkan Perpustakaan Digital SMP Negeri 9 Palembang.

Sebelumnya Zulinto menyampaikan, SMP Negeri 9 Palembang merupakan sekolah unggulan karena memiliki banyak prestasi. Dia mengatakan, ke depan, ingin membuat semua SMP Negeri di Palembang menjadi bagus.

Zulinto juga mengatakan, perkembangan teknologi tidak bisa ditolak. Teknologi informasi (TI) memiliki pengaruh luar biasa terhadap berbagai bidang kehidupan. Tinggal, bagaimana memanfaatkan TI untuk hal-hal positif, terhadap di bidang pendidikan. Salahsatunya adalah perpustakaan digital.

“Memanfaatkan untuk belajar, manfaatkan HP untuk belajar,” pesan Zulinto kepada seluruh siswa SMP Negeri 9 Palembang.

Dengan adanya perpustakaan digital, tambah Zulinto, siswa tidak harus datang ke ruang perpustakaan di sekolah. Tetapi, dapat mengakses melalui jaringan internet di komputer maupun telepon seluler (Ponsel) pintar atau smartphone dimana saja.

DIWAWANCARAI—Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ahmad Zulinto didampingi Kepala SMP Negeri 9 Palembang Hastia, saat diwawancarai wartawan.
(FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Sebelumnya, Kepala SMP Negeri 9 Palembang Hastia, SPd, MSi, menyampaikan, perpustakaan digital terwujud berkat kerjasama dengan STMIK MDP,  perguruan tinggi yang dikelolah Yayasan Multa Data Palembang (MDP).

Hastia berharap dengan diluncurkannya Perpustakaan Digital SMP Negeri 9 Palembang, minat baca siswa akan meningkat. Karena, perpustakaan salah satu sumber pembelajaran yang sangat penting.

“Semoga anak-anak semakin semangat membaca, semakin senang membaca,” kata Hastia.

Hastia menyampaikan, lebih dari 100 buku yang telah mereka input ke perpustakaan digital. Pihaknya terus menambah buku elektronik atau e-book dalam perpustakaan dunia maya tersebut.

Ditambahkan Hastia, siswa-siswi SMP Negeri 9 Palembang memiliki password atau kata sandi tersendiri untuk dapat masuk atau login ke perpustakaan digital. #arf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here