Tim SAR Palembang Tinjau Unit Siaga SAR Kabupaten Musi Rawas

107
TINJAU---Kakan SAR Kota Palembang, Toto Mulyono (kiri depan) berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Mura dengan terbentuknya Unit Siaga SAR yang diajukan peningkatan Pos SAR. (FOTO : SS1/Hengky)

Musi Rawas, SumselSatu.com

Tim SAR Kota Palembang meninjau dan melakukan pembinaan terhadap personil Unit Siaga SAR Kabupaten Musi Rawas (Mura). Personil SAR memberikan apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab Mura) yang memberikan pinjam pakai bangunan untuk Unit Siaga SAR.

Tinjauan dan pembinaan anggota Unit Siaga SAR Kabupaten Mura dilakukan langsung Kepala Kantor SAR/Kakan Pencarian dan Pertolongan Kota Palembang, Toto Mulyono didampingi Kasi Ops Inarwan, S Sos, staf SAR, Sukamto dan Koordinator Pos (Koorpos) Unit Siaga SAR Kabupaten Mura, Wahid Ivan.

Kakan SAR/Kakan Pencarian dan Pertolongan Kota Palembang, Toto Mulyono, SE, mengatakan pihaknya datang memberikan apresiasi kepada Pemkab Mura yang telah memberikan pinjam pakai bangunan terbentuknya Unit Siaga SAR Kabupaten Mura.

“Kami juga koordinasi untuk ke depannya Unit Siaga SAR Kabupaten Mura untuk ditingkatkan dari Unit Siaga SAR menjadi Pos SAR. Sehingga, dibutuhkan komitmen antara pemerintah pusat dan Pemkab,” jelas Toto Mulyono saat menyambangi Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mura.

Menurutnya, jika dilihat dari kebutuhan tuntutan masyarakat di tiga wilayah ini yakni Mura, Lubuklinggau dan Muratara sudah sepatutnya dilakukan peningkatan status Unit Siaga SAR menjadi Pos SAR.

Sebab, dilihat dari animo aktivitas masyarakat masih didominasi melalui transportasi air. Inilah masuk ancaman menjadi dominan kecelakaan air karena banyak aktivitas sungai jadi bagian di masyarakat.

Selain itu, jika dilihat dari segi geografis Kabupaten Mura bersebelahan dengan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu di mana ancaman kemungkinan terjadi seperti gempa bumi dan lainnya. Tidak hanya itu, bersebelahan dengan provinsi Jambi dan Lampung.

“Semua potensi ancaman tetap ada. Bukannya kita berdoa tetapi menyiagakan diri untuk memberikan rasa nyaman pengguna transportasi air dan udara. Mengingat di tiga wilayah ini ada transportasi udara Bandara Silampari. Karena, kehadiran SAR dan BPBD untuk penanganan masalah kemanusiaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPBD Mura, Paisol mengatakan rombongan SAR Kota Palembang memberikan apresiasi kepada Bupati Mura, H Hendra Gunawan yang telah memberikan pinjam pakai bangunan untuk bangunan Unit Siaga SAR.

“Mereka datang memberikan pembinaan anggota Unit Siaga SAR Mura dan petugas BPBD. Mereka juga memiliki keinginan untuk menaikkan tingkatan Unit Siaga SAR menjadi Pos SAR Kabupaten Mura,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here