Pemkot Siapkan Kawasan Seberang Ulu Menjadi Kawasan Paling Maju

62
Ilustrasi foto udara Kawasan Jakabaring. (FOTO : IST/rmolsumsel)

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota Palembang terus berbenah, setelah kawasan Seberang Ilir kini Kawasan Seberang Ulu (SU) dipastikan akan menjadi kawasan yang akan maju pesat, pasalnya SU masuk dalam program pengembangan dari pemerintah pusat.

Demikian, disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bapemlitbang) Kota Palembang, Harrey Hadi, Senin (16/4/2018).

Dikatakannya, kawasan Kota Baru di wilayah Seberang Ulu, sudah masuk tahap penyusunan masterplan yang dilakukan oleh pemerintah pusat.

“Realisasi pengembangan kawasan Seberang Ulu yang dicanangkan Walikota Palembang, yang saat itu dijabat H Harnojoyo, mulai membuahkan hasil,” katanya.

Pengembangan kawasan Seberang Ulu, sudah memasuki tahapan Ground Breaking. Apalagi Pemkot telah melakukan penataan tata ruang melalui pemekaran dua kecamatan.

“Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang menyusun masterplan,” jelasnya.

Harrey menerangkan, pengembangan dan pembangunan ke depan tidak hanya terlihat di wilayah Seberang Ilir saja. Karena ke depan, seperti yang diharapkan Walikota, pengembangan kota baru menjadi pemerataan pembangunan di Palembang.

“Laju urbanisasi membuat Pemkot mulai mengambil sikap. Karena selama ini dan di era pemerintahan sebelumnya, belum ada rencana pengembangan kawasan SU,” terangnya.

Dengan tema Sport, Tourism and Heritage, kota baru di kawasan Seberang Ulu, diharapkan tidak hanya mengembangkan kawasan tersebut.

Di mana, persoalan kemiskinan di wilayah itu juga akan dapat diselesaikan melalui program pemerataan pembangunan itu. Keseriusan tersebut juga sudah mulai dilaksanakam sejal 2016 lalu, melalui pengerjaan infrastruktur, termasuk perbaikan jalan, drainase, pedesterian, air minum, Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan lainnya.

“Pengembangan kota baru tidak lain mewujudkan percepatan pembangunan dan pemerataan pembangunan,” pungkasnya. #yud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here