Betutu, Si Pemalas Berharga Rp100 Ribu/Kg

108
Ikan betutu yang telah melewati pemeriksaan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu perwakilan Palembang dan siap diekspor. (FOTO: IST)

Palembang, SumselSatu.com

Ikan betutu (oxyeleotris marmorata) memang pantas dijuluki si pemalas. Pasalnya, ikan ini hanya bergerak untuk mengejar mangsa yang lewat di depannya. Bila kenyang, dia akan diam berjam-jam. Tak disangka, ikan pemalas ini harganya relatif mahal, mencapai Rp100 ribu/kg.

“Ikan ini benar-benar malas sifatnya. Namun di luar negeri, ikan ini bisa berharga sangat mahal. Ikan betutu bisa mencapai harga lebih dari Rp 100 ribu/kg,” kata Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan (SKIPM) Palembang, Sugeng Prayogo, Sabtu (5/5).

Tingginya harga betutu tak lepas dari manfaatnya. Ikan ini dipercaya mengadung beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan. Seperti dari untuk merawat kecantikan, menambah vitalitas, dan penyembuh bekas luka karena kandungan albumin yang tinggi. Si pemalas ini pun sekarang menjadi buruan untuk diekspor.

Sesuai ekspos data dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) perwakilan Palembang, ekspor ikan betutu selama caturwulan I tahun 2018 meningkat hingga 155 persen, dari 4.817kg pada periode Januari – April tahun 2017 menjadi 7.476kg pada periode Januari – April tahun 2018.

“Mayoritas ikan betutu yang diekspor merupakan hasil tangkapan dari perairan umum di Provinsi Sumatera Selatan,” kata Sugeng.

Peningkatan ekspor ikan betutu diakui sangat menggembirakan karena secara langsung dapat berdampak pada peningkatan pendapatan pelaku usaha perikanan, mulai dari pencari, pengumpul, dan eksportir. Namun hasil tangkapan masih sangat terbatas. Nantinya, diharapkan masyarakat mulai menggalakkan budidaya ikan betutu sehingga terjaga kelestariannya.

“Memang dalam budidaya ikan betutu ini memakan waktu cukup lama, namun semua akan terbayarkan pada saat panen dengan harga yang sangat mahal per kilogramnya,” ungkap Sugeng. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here