Tingkatkan Kesadaran Merawat Gigi Sejak Dini

32
SIKAT GIGI----Mahasiswi FK Unsri menunjukkan cara sikat gigi yang benar kepada murid SD Negeri 6, Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, (FOTO: IST/DOK.ALIYAH SARASWATI)

Lahat, SumselSatu.com

Murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 6 Desa Payo, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, mendapatkan edukasi cara merawat gigi. Pengetahuan tentang cara menjaga agar gigi tetap bersih dan sehat itu dilakukan mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK Unsri) yang tengah melakukan kuliah kerja nyata (KKN) Angkatan 91.

“Kegiatan ini kami lakukan di dua tempat, yakni Puskesdes  yang melibatkan ibu-ibu dan balita, serta di SD Negeri 6 Desa Payo diperuntukkan bagi anak-anak,” ujar Aliyah Saraswati, mahasiswi FK Unsri kepada SumselSatu, baru-baru ini.

Aliyah mengatakan, edukasi kesehatan gigi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Payo terhadap kondisi gigi sejak dini. Dia mengatakan, pihaknya memberikan penyuluhan cara menjaga dan merawat gigi dengan baik dan benar, serta melakukan sikat gigi bersama.

“Kami berharap, masyarakat Desa Payo tahu pentingnya merawat gigi dan mulai merawat gigi dengan baik dan benar,” kata Aliyah.

Bidan yang bertugas di Desa Payo, Riza Nopriani, menyambut baik edukasi perawatan gigi yang dilakukan mahasiswi FK Unsri.

“Kegiatan Posyandu rutin dilakukan setiap bulan. Kebetulan ada mahasiswa KKN Unsri, jadi kami lakukan kegiatan edukasi kesehatan gigi juga,” ujar Riza.

Riza menyampaikan edukasi kesehatan gigi sangat perlu dilakukan agar masyarakat terbiasa hidup sehat, terutama bisa merawat gigi dengan baik dan benar. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here