Tingkatkan Profesionalitas Wartawan, PWI Sumsel Gelar UKW

24
UKW---Pengurus PWI Sumsel dan PWI Pusat berfoto bersama dengan para penguji UKW dan perwakilan dari pihak perusahaan yang mendukung terlaksana UKW. (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Selatan (Sumsel), menggelar uji kompetensi wartawan (UKW), Palembang, Senin (11/11/2019).

UKW Angkatan 27 dan 28 itu dilaksanakan di Hotel Santika, Palembang. Kegiatan itu terselenggara atas kerjasama PWI Sumsel dengan SKK Migas Sumbagsel dan KKKS.

Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar mengatakan, pelaksanaan ujian kompetensi, baik jenjang Wartawan Muda, Madya, dan Utama itu, sebagai upaya PWI Sumsel meningkatkan profesionalitas wartawan di Sumsel.

“UKW ini sebagai salah satu langkah PWI Sumsel meningkatkan kualitas wartawan,” ujar Firdaus Komar.

Firdaus mengatakan, melalui UKW diharapkan, wartawan peserta UKW mampu meningkatkan kualitas diri menjadi wartawan yang memang memiliki kemampuan di bidang jurnalistik.

Manajer Senior Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Andi Arie Pangeran mengatakan, pelaksanaan UKW sebagai bentuk sinergi pihaknya dengan PWI Sumsel.

Andi berharap, jalinan kerjasama guna meningkatkan mutu wartawan akan terus berlanjut. Dia berharap, di tahun-tahun mendatang, peserta UKW akan lebih banyak lagi.

“Semoga di tahun depan, akan lebih banyak lagi peserta UKW,” kata Andi.

Pelaksanaan UKW terbagi dalam tiga kelompok. Yakni, peserta untuk mendapatkan sertifikat Wartawan Muda, peningkatan dari Wartawan Muda ke Wartawan Madya, dan dari Wartawan Madya ke Wartawan Utama. Ujian yang diberikan adalah mengenai tugas dan fungsi serta kewajiban-kewajiban wartawan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. Baik itu dalam penulisan maupun etika jurnalistik serta peraturan perundang-undangan. #arf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here