Satu Perampok di SPBU PALI Tewas

9
PERAMPOK---Suasana penguburan tersangka DA yang disangkakan sebagai pelaku perampokan di SPBU Simpang Tais. (FOTO: SS1/HABIBI)

PALI, SumselSatu.com

Tim Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), berhasil membekuk salah satu pelaku perampokan di SPBU di Desa Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi, PALI, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada Jumat (8/11/2019) lalu.

Polisi berhasil meringkus DA kurang dari 24 jam setelah kejadian. Perampok itu disergap di rumah kontrakannya di Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulya, PALI, Jumat (8/11/2019) sore. Tempat tinggal DA berjarak satu kilometer dari SPBU Simpang Tais.

“Dengan berbekal rekaman kamera pengawas, CCTV, di SPBU tersebut, dan mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi, pelaku memenuhi kriteria yang dimaksud. Pelaku diamankan pada Jumat sore dan tanpa perlawanan,” ujar Kapolsek Talang Ubi Kompol Okto Iwan Setiawan, ST, MSi, didampingi Kanitreskrim Ipda M Arafah, SH, Sabtu (9/11/2019).

Dikatakan Okto, DA merupakan orang yang masuk dalam target operasi (TO) pihaknya, dan diduga kuat terlibat sejumlah kasus perampokan di wilayah hukum Polsek Talang Ubi.

Kata Okto, saat dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan, DA mengeluh sesak napas dan pemeriksaan dihentikan. Kemudian, pada Sabtu (9/11/2019) pagi, tersangka dilarikan ke rumah sakit. Setelah sekitar dua jam di rumah sakit, DA tewas.

“Pelaku tewas karena riwayat penyakit yang diidapnya, dan pelaku telah kami pulangkan ke rumah duka,” kata Okto.

“Pelaku merupakan TO dan diduga terlibat pada sejumlah kasus kriminal di wilayah hukum Polsek Talang Ubi. Pelaku juga merupakan resedivis 365 di tahun 2008 hingga 2017 dari Lapas Nusa Kambangan dan tidak segan menghabisi nyawa korbannya,” tambah Okto.

Kanitreskrim Polsek Talang Ubi Ipda M Arafah, SH, menambahkan, pihaknya masih mengejar pelaku lainnya yang telah diketahui identitasnya.

Saat mengamankan DA, polisi menyita satu pucuk senjata api rakitan (Senpira) dan tiga amunisi aktif.

“Barang bukti kami amankan berupa pakaian, tas, sepatu, dan Senpira yang digunakan pelaku saat melakukan aksinya,” kata Arafah.

Sebelumnya, pelaku perampokan menembak petugas SPBU Simpang Tais dan membwa kabur uang sekitar Rp30 juta. #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here