Tujuh Kecamatan Terima Bantuan TPS 3R dari Ketua DPRD Provinsi Sumsel

58
Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI-P Perjuangan Kabupaten Muara Enim, Ahmad Imam Mahmudi serahkan Bantuan TPS 3R dari Ketua DPRD Propinsi Sumsel kepada 7 kecamatan Kabupaten Muara Enim.

Muara Enim, SumselSatu.com

Sebanyak tujuh kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Muara Enim menerima bantuan bangunan dan fasilitas Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Recycle atau TPS 3R. Bantuan tersebut berasal dari dana aspirasi Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan, H Giri Ramanda Kiemas.

Bantuan diserahkan langsung kepada perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di halaman Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Muara Enim, Selasa (23/1/2018).

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Ideologi DPC PDI-P Perjuangan Kabupaten Muara Enim, Ahmad Imam Mahmudi menyebutkan, bantuan yang diserahkan sebanyak 7 unit sepada motor gerobak roda tiga merk Viar dan 14 unit mesin pencacah plastik dan kompos. Selain itu di tujuh Kecamatan juga sudah dibangun bangunan TPS.

“Total bantuan TPS 3R yang diserahkan untuk tiap Kecamatan mencapai Rp 500 juta,” kata Imam seraya menyebutkan ketujuh kecamatan tersebut yakni Gelumbang, Rambang Dangku, Rambang, Ujan Mas, Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Gunung Megang.

Dijelaskan Imam, bantuan tersebut murni berasal dari dana aspirasi Ketua DPRD Muara Enim H Giri Ramanda Kiemas dalam upaya mengatasi persoalan sampah di wilayah Kecamatan Muara Enim.

“Bantuan untuk TPS 3R sejalan dengan pemerintah pusat yang kini sedang menggencarkan program Sanitasi Berbasis masyarakat atau Sanimas.  Bantuan ini merupakan dukungan untuk program peningkatan kualitas lingkungan di bidang sanitasi khususnya pengelolaan sampah dan limbah,” ungkap Imam.

Selain itu, program pembangunan TPS 3R, lanjut Imam, juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Lewat penggalangan sampah ini, Imam meyakini bisa menjadi ruang perekonomian bagi masyarakat desa setempat.

“Jadi, progam ini memberi banyak efek positif bagi masyarakat, khususnya bidang sampah bisa teratasi dan perekomian bisa terangkat,” terangnya.

Masih dikatakan Imam, dalam waktu dekat, akan ada pelatihan pelatihan oleh dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) Provinsi dan BLH Kabupaten Muara Enim.

“TPS 3 R ini akan beroperasi setidaknya awal maret, sehingga permasalahan sampah teratasi dan perekonomian masyarakat meningkat dengan pengelolaan sampah karena bisa dijual kembali,” terangnya.

Nopi Andriansyah, salah seorang penerima bantuan dari kecamatan dari Kecamatan Ujan Mas mengaku sangat berterimakasih kepada Giri Ramanda.

“Bantuan Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan ini sangat menyentuh masyarakat,” katanya. #ata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here