Usai Lebaran, Pasien RSUD PALI Meningkat 20 Persen

14
Direktur RSUD PALI dr Tri Fitrianti

PALI, SumselSatu.com

Akibat tidak menjaga pola makanan usai merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah, membuat jumlah pasien di
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) meningkat hingga 20 persen.

Direktur RSUD PALI dr Tri Fitrianti mengatakan, pada H+6 Lebaran, mereka sudah merawat sekitar 27 pasien yang masuk sejak awal Lebaran.

“Peningkatan jumlah pasien sejak H+1 sudah mulai ramai datang ke UGD, hingga saat ini (H+6 lebaran, red) peningkatan mencapai 20%, dan ada sekitar 27 pasien yang menjalani rawat inap. Penyebabnya tentu dari akibat pola makan, mungkin dampak dari puasa sehingga pada saat lebaran tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsi,” jelas dr Tri Fitrianti, Senin (10/6/2019)

Dokter Fitri menjelaskan, ada sekitar sepuluh jenis penyakit yang di derita pasien yang dirawat inap, yang dominasi penyakit seperti Dispepsia atau maag dan penyakit Gead (Gastroenteritis) atau diare.

“Untuk pasien maag ada sepuluh kasus, dan diare ada sekitar tujuh pasien yang dirawat. Penyakit lainnya tidak banyak seperti kejang demam sementara (KDS) kejang demam kompleks (KDK), diabetes meitus (DM), sindrom obstruksi pasca tuberkulosis (SOPT), dan infeksi saluran kemih (ISK). Dan ditambah lagi sejumlah pasien kecelakaan kendaraan, yang memang tidak harus dirujuk,” pungkasnya. #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here