Warga Binaan Lapas Perempuan Senang Ada HUT

40
KELUARGA---Petugas Lapas Perempuan Palembang melihat salah satu warga binaan sedang menghubungi anggota keluarganya. Dalam rangka memeringati Hari Dharma Karyadhika atau HUT Kemenhuk-HAM RI, Lapas Perempuan Palembang memberikan layanan telepon dan video call gratis kepada seluruh warga binaan, Kamis (22/10/2020). (FOTO: SS1/M ANDRI)

Palembang, SumselSatu.com

Dalam rangka memeringati Hari Dharma Karyadhika atau Hari Ulang Tahun (HUT) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenhuk-HAM) RI, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Palembang memberikan layanan telepon dan video call gratis kepada seluruh  warga binaan.

Kegiatan di Lapas Perempuan Palembang itu membuat para warga binaan senang karena dapat berkomunikasi dan melihat langsung wajah keluarga mereka.

“Saya senang bisa menghubungi keluarga, sebab saya tidak memiliki HP,” ujar Kiki, salah satu warga binaan Lapas Perempuan Palembang yang ada di Jalan Merdeka, Palembang, Kamis (22/10/2020).

Bahkan, Kiki berharap kegiatan yang tersebut tidak saja dilakukan pada saat HUT Kemenhuk-HAM.

“Fasilitas ini dapat ditingkatkan lagi  dan terus ada,” katanya.

Ia juga berharap, agar pelayanan serta prasarana di Lapas Perempuan Palembang semakin baik lagi.

Kepala Pengamanan Lapas Perempuan Palembang Emy Yunita yang berbicara mewakili Kepala Lapas Perempuan Kelas II A Palembang Tri Anna Aryati, BCIP, SH, MSi, menyampaikan, ada 70 warga binaan melaksanakan kegiatan tersebut.

“Dalam rangkaian Hari Dharma Karyadhika, pada hari ini, kami memberikan layanan video call gratis kepada warga binaan kami,” ujar Emy.

Waktu yang diberikan kepada para warga binaan dibatasi, karena jumlah mereka cukup banyak.

“Durasi yang diberikan sekitar lima menit lebih untuk tiap orang. Durasi dihitung setelah tersambung percakapan,” terangnya.

HUT Kemenhuk-HAM RI adalah 30 Oktober. HUT itu juga dikenal dengan Hari Dharma Karyadhika. Dharma merupakan istilah yang diambil dari Bahasa Sansekerta. Arti dasarnya adalah kewajiban, aturan, dan kebenaran. Karya menurut Kamus Besar bahasa Indonesia (KBBI) ialah pekerjaan, hasil perbuatan, atau buatan. Sedangkan, dhika adalah anak manusia yang diberikan kelebihan. Jika diartikan secara menyeluruh Dharma Karya Dhika berarti manusia diberikan kelebihan untuk melakukan pekerjaan sesuai kewajibannya, aturan, dan kebenaran. #dri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here