Zakat Prajurit Yonif 141/AYJP Untuk Bedah Rumah

37
Penyerahan kunci rumah secara simbolis dari Prajurit Yonif 141/AYJP kepada warga.

Palembang, Sumselsatu.com – Siapa yang tidak mengucapkan syukur dan bahagia, ketika tempat tinggalnya yang semula tak layak menjadi layak huni. Rasa syukur dan bahagia itu, terpancar dari wajah empat warga Muara Enim yang di antaranya Arsil (45) warga Desa Kepur, Kabupaten Muaraenim, setelah melihat rumahnya yang telah dirampungkan prajurit Yonif 141/AYJP bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Jumat (26/5/2017).

“Alhamdulillah Pak, rumah saya yang sebelumnya tidak nyaman sekarang nyaman dan sangat layak untuk ditempati,” ujar Arsil menahan tangis saat menerima kunci rumahnya yang baru selesai dibedah.

Dalam sambutannya Danyonif 141/AYJP yang diwakili oleh Wadanyonif 141/AYJP Mayor Inf Rully Noriza menyatakan, bahwa dana yang digunakan untuk bedah rumah tersebut merupakan hasil dari pengumpulan zakat penghasilan anggota Yonif 141/AYJP melalui pemotongan gaji sebesar 2,5% per orang bagi personel yang beragama Islam.

“Dana yang terkumpul dari zakat anggota Yonif 141/AYJP digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu termasuk bedah rumah ini, bekerjasama dengan Baznas Muaraenim,” terangnya.

Kegiatan sosial kemasyarakatan berupa bantuan kepada warga kurang mampu merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial TNI kepada masyarakat sekelilingnya, sebagai implementasi dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat.

Sementara itu, Kepala Baznas Muaraenim Ustadz Syachril mengatakan, bahwa bedah rumah yang dilakukan merupakan program Baznas Muaraenim bersama Yonif 141/AYJP.

Pada tahun 2017 ini sudah ada empat rumah yang selesai dibangun, yakni rumah Bapak Arsil 45 thn di Desa Kepur, Ibu Asmah 60 thn Muara Lawai, Bapak Supri Awansyah 60 thn Tanjung Jati dan Bapak Darwis 44 tahun Desa Lubuk Ampelas. Selain itu, satu rumah lagi masih dalam tahap pembangunan di Kecamatan Tanjung Agung.

“Peresmian rumah ini, merupakan hasil dari kerja tim bedah rumah bersama Yonif 141/AYJP, selanjutnya kita tinggal menunggu Danyonif 141/AYJP untuk meresmikannya, semoga berjalan lancar,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sejak akhir Tahun 2016, pihaknya sudah melakukan bedah satu unit rumah milik Irawati warga Desa Pandan Enim, Kecamatan Tanjung Agung dengan dana Rp10,5 juta dari Baznas serta sumbangan warga Rp6.450.000.

Selanjutnya di tahun 2017 ini juga telah dilakukan dengan rincian rumah milik Arsil warga Desa Kepur dengan dana Rp18.215.000, rumah milik Darwis warga Dusun 2 Desa Lubuk Ampelas dengan dana Rp15.500.000, rumah milik Asmah warga Desa Muara Lawai dengan dana Rp13.880.000 dan rumah milik Supri Awansyah warga Desa Tanjung Jati dengan dana Rp15.500.000.

Acara penyerahan rumah hasil bedah rumah ini dihadiri oleh perwakilan anggota Yonif 141/AYJP dipimpin oleh Wadanyonif 141/AYJP, Ketua Baznas Muaraenim, Istri Bupati Muaraenim, Toga dan Tomas Muaraenim dan pewakilan Polres Muaraenim. (ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here