2019, Sirkuit Mini MotoGP Dibangun di Jakabaring

215
Denah Sirkuit MotoGP Jakabaring

Palembang, SumselSatu.com

investor segera membangun sirkuit mini MotoGP di Jakabaring tahun depan. Direncanakan panjang track 1,5 – 2 Kilometer (Km) tersebut untuk drifting dan drive bike.

Konsultan Sirkuit Rifat Sungkar mengatakan, pembangunan sirkuit ini berangkat dari banyaknya pebalap, namun tidak didukung dengan sarana yang baik. Akibatnya banyak pengendara menggunakan jalan umum sebagai sarana menyalurkan hobi balap.

“Padahal ini sangat membahayakan bagi pengendara dan potensi kecelakaan lalulintas (lakalantas) menjadi tinggi dan umumnya korban lakalantas ini adalah usia produktif. Makanya kita sarankan buat sirkuit kecil dulu, kalau MotoGP nanti pebalap kecil tidak tertampung. Sirkuit kecil ini memberi fasilitas dan menampung bakat anak muda dan yang jelas lebih terjangkau. Sebetulnya tujuan sirkuit kecil juga untuk menjadi MotoGP,” kata Rifat Sungkar uusai melakukan pertemuan dengan Walikota Palembang Harnojoyo, Kamis (4/10/2018).

Rifat mengatakan, nantinya tempat itu akan jadi sirkuit pembinaan mulai dari motor di bawah 250cc dan mobil 1500cc. Rifat menyebutkan, untuk membuat sirkuit sempurna dibutuhkan kurang lebih lahan sekitar 12 hektar. Nantinya, di lahan tersebut sudah dilengkapi dengan track pendek sampai yang panjang mulai dari 1,5 – 2km, track lurus, fasilitas parkir dan drive bike. Selain track motor ada juga gokart dan bengkel. Tempat ini juga berpotensi jadi sport pariwisata.

“Kalau sudah jadi, sirkuit di Palembang akan jadi percontohan bagi kota-kota di Indonesia. Tahap awal pihaknya akan melakukan Fasibiliti Study (FS) lahannya. Ditanya investasi sirkuit, Rifat belum dapat menyebutkan karena pihaknya akan meninjau ke lapangan dulu. Kami pelajari dulu, kalau rawa yang pasti butuh waktu untuk melakukan penimbunan. Sirkuit mini ini Insya Allah awal kita menuju MotoGP,” katanya.

Walikota Palembang, Harnojoyo mengapresiasi rencana tersebut. Pembangunan sirkuit kecil ini akan menjadi wadah kaula yang memiliki minat di bidang itu.

Insya Allah ternyata respon Rifat cukup cepat untuk membangun sirkuit kecil yang akan mengakomodir bagi penyuka balap. Kalau sudah ada tempat dan ada pembinaan maka ke depan tidak ada lagi balap liar,” tukasnya. #ari

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here