Jaringan Pipa Gas PGN Terbakar

84
BERKOBAR----Api berkobar di Jalan Demang Lebar Daun, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang, Kamis (27/9/2018). (FOTO: SS1/YANTI)

Palembang, SumselSatu.com

Kobaran api terlihat di Jalan Demang Lebar Daun, Kota Palembang, tak jauh dari salah satu rumah makan di samping kolam retensi yang berdekatan dengan Rumah Sakit (RS) Siti Khodijah, pagi ini.

Informasi dihimpun SumselSatu, kebakaran bermula dari ledakan kompresor milik bengkel di lokasi. Dalam hitungan detik, percikan api menyambar tumpahan oli, dan kobaran apai membesar. Kebakaran yang terjadi otomatis menyedot perhatian warga yang melintas di lokasi tersebut.

Pipa gas milik PGN yang tertanam di bawah tanah di lokasi kejadian meleleh.

Sekretaris PGN Rahmat Hutama mengatakan, kobaran api mengakibatkan kerusakan pipa gas milik PGN.

“Kami klarifikasi, bahwa kebakaran bukan berasal dari pipa PGN, namun dari bangunan bengkel yang berada dekat dengan lokasi pipa PGN. Tim Penanggulangan Gangguan PGN bergerak cepat dengan mematikan aliran gas di sekitar pipa yang rusak serta melokalisir kerusakan agar tidak meluas,” kata Rahmat kepada wartawan, Kamis (27/98/2018).

“Tim TPG langsung melakukan pengamanan lokasi menggunakan barikade dan kondisi terkini tim telah menutup valve aliras gas di lokasi,” tambahnya.

Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut. TPG akan melakukan sejumlah antisipasi perbaikan jalur pipa gas. Selain itu, PGN akan memastikan penyaluran gas ke pelanggan tetap optimal.

Point Of Conteks  PGN Palembang Mahmuri menambahkan,  di lokasi pipa PGN yang terbakar ada bengkel tambal ban.

“Panas api dari kompresor tambal itu membesar. Sehingga mengganggu pipa gas,” katanya.

Mahmuri menjelaskan,  kejadian terbakarnya pipa PGN,  awalnya sekitar pukul 07:00.

“Karena akumulasi panas di atas, sehingga berpengaruh terhadap pipa gas di bawah tanah. Dengan adanya kejadian ini,  kami  menutup jaringan gas. Tujuannya  recovery dan mengetahui sampai dimana kerusakan yang terjadi,” kata Mahmuri. #nti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here