Kwarcab Pramuka PALI Gelar Pelatihan KMD

135
PRAMUKA - Ketua Kwarcab PALI berfoto bersama anggota pramuka dari Kwaran yang ada di PALI. (FOTO: SS1/ABI)

PALI, SumselSatu.com

Gerakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kembali menggelar kegiatan pelatihan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan III tahun 2018, bertempat di SMAN 3 Penukal, di Desa Purun, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI, belum lama ini.

Kegiatan yang bertema ‘Pramuka Perekat NKRI’ itu bertujuan untuk mengasah kemampuan para pembina di Gugus Depan (Gudep) dalam lima Kwaran di Bumi Serepat Serasan. Kegiatan diikuti 50 peserta, para guru di beberapa SDN, SMPN, dan SMAN yang akan mengikuti pelatihan selama tujuh hari.

Ketua Kwarcab PALI, Amiruddin Tjikmat, SSos, MM, kepada wartawan, Kamis (27/9/2018), mengatakan, para peserta pelatihan KMD nantinya diharap dapat mentransfer ilmu tentang kepramukaan kepada siswa/siswi di sekolah masing-masing.

“Seluruh peserta tersebut merupakan para guru yang diutus oleh Kwaran masing-masing. Yakni lima putra dan lima putri per Kwaran dari beberapa Gudep,” urai mantan Sekda PALI itu.

Saat ini, tambah Amiruddin, Kabupaten PALI masih kekurangan para pembina pramuka di tiap sekolah. Sehingga pihaknya secara berkala terus menggelar KMD dan juga Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML), dengan target setiap sekolah mempunyai pembina pramuka yang terlatih.

“Pendidikan pramuka itu sangat penting untuk membentuk kedisiplinan, mental, dan juga akhlak siswa. Kalau bisa, pramuka harus jadi ekstrakurikuler wajib di sekolah. Untuk itu, mereka harus ada pelatih atau pembina, dan upaya itulah yang sedang kita lakukan saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan Kursus (Pinsus) KMD Tahap III, Saicik, menuturkan bahwa para peserta digembleng dengan berbagai materi tentang kepramukaan selama tujuh hari. Di kawasan SMAN 3 Penukal itu mereka mendirikan kemah untuk tujuh kelompok.

“Materinya antara lain sejarah dan pendidikan kepramukaan, tugas peran, dan tanggung jawab pembina pramuka, berbagai keterampilan kepramukaan, dan banyak lagi. Intinya selama tujuh hari full sampai malam diisi dengan berbagai kegiatan,” tukas Saicik.

Selain Ketua Kwarcab PALI, Sekretaris Kwarcab, Rusminaryadin, SPd, Kapusdiklatcab MF Darmadi, dan pengurus lainnya, tampak hadir di kegiatan KMD tersebut, juga pelatih Kwarda Sumsel  Diana dan Arsa ditambah para Ketua Kwaran yakni Fredi Ersan, SPd (Penukal), Ramlan Setiawan, SPd (Abab), dan Sugiarto (Talang Ubi), serta tiga Ketua Majelis Gugus (Kama Bigus). #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here