Jembatan Musi IV Bisa Dilewati Saat Asian Games

153
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metro Suwarno saat memberi keterangan kepada pers, Senin (4/6). (FOTO: SS1/Mardiansyah)

Palembang, SumselSatu.com

Pembangunan Jembatan Musi IV saat ini sudah mencapai 81.78 persen. Jika dilihat dari Jembatan Ampera, fisik Jembatan Musi IV memang belum terlihat jelas. Akan tetapi, jembatan ini nantinya bisa dilalui saat perhelatan Asian Games Agustus mendatang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Metro Suwarno mengatakan, untuk pengerjaan Jembatan Musi IV saat ini masih fokus pengerjaan konstruksi di tengah Sungai Musi.  “Insya Allah pada awal Agustus bisa kita fungsionalkan,” kata Suwarno saat ditemui di kantornya, Senin (4/6).

Menurut dia, saat Asian Games nanti, Jembatan Musi IV bisa dilalui. Namun untuk sementara pemakaian jembatan tanpa akses pendekat yaitu hanya sampai Jalan Azhari. “Nanti setelah Asian Games baru dilanjutkan kembali sampai  Jalan A Yani,” jelasnya.

Suwarno menjelaskan, pengerjaan di bentang tengah berupa pemasangan box girder. Sampai saat ini sudah menyelesaikan sembilan segmen dari total 18 segmen yang harus dikerjakan. Jadi pengerjaan tersebut tersisa sebanyak sembilan segmen lagi.

“Kalau pengalaman sebelumnya, untuk pemasangan ini cukup memakan waktu, dimana pemasangan satu segmen itu paling tidak memerlukan waktu sekitar lima sampai enam hari. Itu tergantung cuaca, persiapan material, dan lain-lain,” katanya.

Meski begitu, Suwarno optimis dalam waktu 45 hari kedepan seluruh segmen tersebut sudah tersambung. Jika pengerjaan ini selesai, pihaknya baru akan melakukan perapian dan masuk tahap finishing. Bagian ini juga tak  memakan waktu lama.

“Kalau sudah tersambung kita lakukan finishing langsung. Untuk finishing hanya mengaspal dan marka jalan lampu, kemungkinan pengerjaannya selesai dalam waktu tujuh hari dan paling lamanya itu sekitar 10 hari,” bebernya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here