RSUD BARI Siap Terima Lebih Banyak Pasien Rawat Inap Kelas 3

191
GEDUNG BARU ---- Walikota Palembang H Harnojoyo memotong pita tanda peresmian gedung baru untuk pasien rawat inap kelas 3 di RSUD BARI Palembang, Kamis (24/1/2019). (FOTO: SS1/TRI)

Palembang, SumselSatu.com

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) BARI Palembang kini siap menerima pasien kelas 3 lebih banyak dari sebelumnya. Kesiapan ini seiring diresmikannya gedung baru ruang rawat inap kelas 3, IGD, Kamis (24/1/2019).

“Tidak hanya gedung serta ruangan saja dibangun, tapi fasilitas di dalamnya ikut diperbaiki dan diperbarui juga,” kata Direktur RSUD BARI Palembang, Dr Hj Makiani pada peresmian tersebut.

Dia menuturkan, selain angka kunjungan pasien terbilang tinggi, RSUD BARI Palembang juga menerima pasien rujukan dari hampir semua daerah di Sumsel.

Dijelaskan, pembangunan gedung ini sejak tahun 2016 sampai 2018 dan diresmikan pada 2019. Dana yang digunakan sebesar Rp56 miliar. RSUD BARI juga sudah memiliki beberapa dokter subspesialis.

Selain gedung, teknologi di RS BARI juga sudah canggih. Rumah sakit ini sudah bisa melakukan pergantian semi lutut. Semua fasilitas di RSUD BARI pun tidak usah diragukan lagi dan rumah sakit ini juga sudah menjadi rujukan serta sudah menjadi zona integritas bebas korupsi.

“Kami tidak akan berhenti sampai di sini, pihak kami akan terus berbenah demi mewujudkan pelayanan yang lebih maksimal,” ujar Makiani.

Pada kesempatan ini, Walikota Palembang, H Harnojoyo mengatakan, anggaran yang diberikan oleh Pemko Palembang lebih besar dari aturan yang ada. Hal ini demi tercapainya perbaikan pembangunan.

“Seharusnya dari APBD sebesar 10 persen anggaran untuk kesehatan, tapi saat ini sudah lebih 15 persen dari anggaran yang semestinya,” kata Walikota.

Saat ini wilayah RS BARI memiliki luas hanya 4 hektar, tapi kedepannya akan ditambahkan 1 hektar lagi. Walikota menilai, ruangan kelas 3 di rumah sakit ini sudah sangat bagusnya, kelas yang lebih tinggi tentu kondisinya lebih bagus lagi.

“Tidaklah salah jika Pemko Palembang akan terus memberikan anggaran kepada RS BARI dengan semua pelayanan serta kualitas yang diberikan selama ini,” ujar Walikota.

Saat ini seluruh rumah sakit sedang berlomba-lomba untuk memperbaiki mutu pelayanan. Harnojoyo pun berharap RS BARI bukan hanya bermutu bagus tapi juga bisa memberikan pelayanan sebagus mutunya.

“Kebanyakan pasien yang berobat, terutama rawat inap, berasal dari daerah. Kita inginkan semua warga tidak hanya di Palembang saja yang bisa menikmati pelayanan di RS ini,” tutupnya. #tri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here