Walikota Palembang Diminta Bangun Bak Sampah

95
SAMPAH---Sampah rumah tangga terlihat menumpuk di sisa Jalan Tanjung Bubuk, Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Palembang, Kamis (18/2/2021). (FOTO: SS1/ANTON R FADLI)

Palembang, SumselSatu.com

Sampah rumah tangga terlihat menumpuk di sisi ruas Jalan Tanjung Bubuk, Bukit Baru, Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Palembang, Kamis (18/2/2021). Tumpukan sampah itu tidak jauh dari Perumahan Syaputra Bersaudara II.

Di dekat tumpukan sampah itu, terdapat spanduk yang bertuliskan ‘Sebenernyo…Kami Dak Galak Nak Buang Sampah Sembarang…Pak Walikota, Ibu Wakil Walikota Tolong Sediakan Tempat Sampah di Sini Atau Sediakan Truk Sampah’.

Salah satu warga Perumahan Syaputra Bersaudara II, Maulana (37), mengatakan, telah sejak lama sampah tersebut menumpuk di tempat itu.

“Di daerah (kawasan-red) ini banyak perumahan. Bukan hanya Syaputra Bersaudara II. Mungkin karena binggung mau membuang sampah kemana, akhirnya orang membuang sampah di pinggir jalan,” ujar pria yang rumahnya tidak jauh dari lokasi tumpukan sampah itu.

“Lama kelamaan sampah menumpuk. Untunglah sampah tidak di buang ke sungai ini,” tambah Maulana sambil menunjuk sungai yang berada di seberang depan perumahan tempat dia tinggal.

Warga Perumahan Syaputra Bersaudara II lainnya, Ani (41), berharap agar Pemerintah Kota (Pemko) Palembang menyediakan atau membangun bak sampah.

Kan banyak yang membuang sampah di tempat itu, tinggal pemerintah membangun saja bak sampah atau menyediakan truk pengangkut sampah di lokasi itu. Orang sudah terbiasa buang sampah di situ, artinya bak sampah harus disediakan di situ atau tidak jauh dari situ,” ujarnya.

“Mungkin sebenarnya warga tidak mau membuang sampah sembarang, tapi kalau tempat untuk membuang sampah saja tidak ada, bagaimana?. Terus mau dibuang kemana lagi?,” tambahnya.

Terlebih, kata dia, di sisi lain ruas Jalan Tanjung Bubuk adalah sungai. Apabila sampah-sampah itu melayang karena angin dan masuk ke dalam sungai, otomatis menyebabkan sungai menjadi kotor oleh sampah plastik.

“Saya berharap Pemerintah Kota Palembang segera menyediakan tempat pembuangan sampah di sekitar sini. Karena di sini banyak perumahan baru. Kan kalau baca di koran atau menonton di TV, Pak Walikota Palembang Harnojoyo sering mengatakan ingin Palembang bersih, anak-anak sungai bersih, sungai bersih. Bangun tempat pembuangan sampah dong biar orang tidak membuang sampah sembarang,” kata Ani. #arf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here