243 Pelajar di PALI Ikuti Lomba Tahfidz Quran

54
LOMBA ----- Peserta lomba tahfidz Quran mengikuti acara pembukaan lomba, Minggu (19/5/2019). (FOTO: SS1/ABI)

PALI, SumselSatu.com

Sebanyak 243 pelajar dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten PALI mengikuti lomba tahfidz Quran yang diadakan pihak Pertamina EP Pendopo Field melalui Badan Dakwah Islam (BDI) bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) PALI.

Ketua BDI, Nazirin, melalui Wakil Ketua, Anang Arie Kuncoro, dalam sambutan pada acara pembukaan lomba di Masjid Muchlisin, Komperta, Pendopo, PALI, Minggu (19/5/2019), mengatakan, kegiatan lomba tahfidz Quran juz 30 ini merupakan rangkaian agenda menyambut dan mengisi bulan Suci Ramadhan.

“Salah satu tujuan kita melaksanakan kegiatan lomba tahfidz Quran ini adalah untuk meningkatkan semangat, serta membentuk generasi muda yang mencintai Alquran,” ujar Anang Arie Kuncoro.

Dengan menjadi penghafal Alquran, lanjut Anang Arie Kuncoro, diharapkan generasi muda di Bumi Serepat Serasan dapat mengerti, memahami, dan mengamalkan ajaran-ajaran dalam Alquran sehingga menjadi hamba Allah yang bertaqwa, berakhlak mulia, dan berbudi pekerti luhur.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjalin sinergi antara perusahaan dengan masyarakat sekitar dan semoga mendapat keberkahan dari Allah SWT dalam upaya perusahaan meningkatkan produksi migas PT Pertamina EP Pendopo Field sehingga memberi manfaat kepada masyarakat sekitar,” kata Anang.

Sementara Ketua MUI Kabupaten PALI H Mughni Zein selaku Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan lomba ini dalam rangka menyongsong peringatan malam Nuzul Quran pada bulan suci Ramadhan 1440 H.

“Kegiatan bertujuan untuk menciptakan manusia yang qurani cinta kepada Alquran, agar gemar membaca, mempelajari dan mampu menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup, sehingga bisa membangkitkan gairah kepada tahfidz agar kedepan dapat meningkatkan motivasi dalam penghapalannya,” kata Mughni.

Pada lomba yang digelar kali ini memang hanya juz 30, namun Mughni meyakinkan jika pada even yang akan datang bisa lebih, bahkan hingga 30 juz. Dengan demikian, akan lahir insan-insan takwa yang kelak akan membangun Kabupaten PALI. “Semoga kedepannya bisa melahirkan pemimpin yang bertakwa di Kabupaten PALI,” kata Mughni.

Terpisah, Staf Khusus Pemerintah Kabupaten PALI bidang Agama dan Sosial, KH Aba Yuris AHM, SH yang juga pengasuh Pondok Pesantren Uhibbul Quran di Desa Talang Akar, PALI, mengatakan, lomba yang diadakan Pertamina EP Pendopo Field melalui BDI bekerjasama dengan MUI Kabupaten PALI, sejalan dengan apa yang dipikirkan Bupati PALI Ir H Heri Amalindo, MM.

“Apa lagi Bupati juga ingin ciptakan satu desa satu rumah tahfidz Quran ke depannya,” pungkas lelaki yang humoris tersebut. #abi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here