878 Siswa SMKN 2 Ikuti Ujian Kompetensi

140
Caption : HARUS LULUS---Siswa SMK N 2 saat mengikuti Ujian Kompetensi. (FOTO:SS1/yanti)

Palembang, SumselSatu.com

Sebanyak 878 siswa kelas 12 SMK Negeri 2 Palembang mengikuti Ujian Kompetensi (UK). Ada 8 paket keahlian yang diikuti siswa kelas 12.

Kepala SMKN 2 Palembang Drs H Zulkarnain, MT, mengatakan, sebelum dilakukan UN, para siswa SMK harus mengikuti UK, tujuannya untuk mengukur sejauh mana pencapaian kompetensi peserta didik di level tertentu.

“Kita tahu SMK sendiri ada beberapa paket keahlian, makanya disesuaikan dengan kompetensi keahlian yang dipelajari selama proses pembelajaran di SMK,” ujarnya ketika diwawancarai diruang kerjanya, Sabtu (10/3/2018).

Zulkarnain menjelaskan, dari 8 paket keahlian diantaranya Teknik Gambar Bangunan, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Mekatronika, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Geomatika, Teknik Sepeda Motor dan Teknik Pemesinan.

Semua paket tersebut memiliki materi UK tersendiri, apalagi di SMK ini pembelajaran dibagi 2 macam 60 % praktek dan 40 % materi umum.

“Sebelum dinyatakan lulus, siswa harus lulus UK dahulu. Karena mereka akan dapat sertifikat dan diakui kalau mereka lulus ini siap bekerja,” ucapnya.

Zulkarnain menuturkan, jadwal UK sudah digelar  pada bulan lalu, dan beberapa hari lagi jadwal UK akan selesai. Pasalnya, keahlian memiliki waktu yang lama untuk diuji, seperti Teknik Mesin dan Motor, sebab untuk waktu pengujian bisa sampai 1 minggu dan 1 bulan.

“Alat praktek yang kita punya terbatas, sedangkan siswa di Teknik Motor dan Permesinan lebih banyak,” paparnya.

Sementara itu, Penguji Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik dari Polsri, Siswandi, menambahkan, sebagai penguji tentu para siswa SMK harus lulus UK.

Dari pengamatannya, SMK jurusan Teknik Listrik mengagumi lantaran siswa ini lebih cepat mengerjakan UK, seperti merakit intalasi listrik. “Bagi yang lulus ini, kita lihat memang mereka siap terjun kerja ke dunia industri, walaupun ada sebagian siswa melanjutkan Polsri,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here