Alex Jelaskan Tujuan Utama Asian Games

188
ubernur Sumsel H Alex Noerdin saat Mensosialisasikan Asian Games di Hadapan Seluruh OPD Pemkot Palembang.

Palembang, SumselSatu.com

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H Alex Noerdin mengaku masih banyak yang belum memahami dengan baik tujuan dan manfaat besar adanya Asian Games di Palembang. Hal ini dikatakannya saat memberikan sosialisasi Asian Games yang diselenggarakan Pemkot Palembang di Rumah Dinas Walikota Palembang, bersama seluruh jajaran OPD Pemerintah Kota Palembang Jumat (9/3/2018).

Alex menjelaskan jika tujuan utama menjadi tuan rumah Asian Games bukan hanya mengenalkan Provinsi Sumsel dan kota Palembang saja, melainkan untuk memperbanyak pembangunan yang di lakukan khususnya di kota Palembang, terutama dari pemerintah pusat.

Semua itu demi memajukan Ibu Kota Provinsi Sumsel ini. Dengan fasilitas-fasilitas yang dibangun dapat mengangkat derajat masyarakat menjadi lebih tinggi.

“Contohnya LRT yang tak lama lagi bisa digunakan, kita menjadi kota yang pertama kali ada kereta di pucuk ini. Kalau gak ada Asian Games belum tentu pemerintah pusat mau membangun LRT ini,” kata Alex.

Alex menjelaskan, hasil studi menunjukan tahun 2020 Kota Palembang akan mengalami macet total. LRT sebagai transportasi masal yang menjadi solusi, di samping sebagai infrastruktur kebanggaan masyarakat Sumsel karena pertama di Indonesia.

Menurut Alex, adanya LRT membuat nilai kota Palembang menjadi mahal, kota yang ada LRT akan sangat berbeda dengan kota yang tidak ada LRT. Masyarakat dipaksa untuk tertib dan teratur karena harus antre, kemudian memaksa masyarakat menjaga kebersihan dan kenyamanan.

“Jadi tolong sampaikan ke semua, bahwa LRT ini mendidik kita lebih maju dan melompat menjadi daerah yang terdepan. Semua ini ada karena kita mau jadi tuan Rumah Asian Games,” ungkapnya.

Dirinya menegaskan jika tahun 2018 menjadi beban berat bagi Kota Palembang karena Asian Games yang membawa bangsa Indonesia di mata dunia harus berjalan sukses dan lancar.

Untuk itu, Alex berharap sebagai tuan rumah Kota Palembang masih banyak yang harus dibenahi. Di antaranya masih berhamparan bangunan kumuh dan gubuk liar di sepanjang kota. Gubernur juga menyoroti masalah kebersihan dan kelengkapan fasilitas publik di Kota Palembang yang diakuinya masih sangat kurang.

“Untuk Asian Games kita sudah bangun di Jakabaring 30 publik toilet standar internasional, saya harapkan Kota Palembang juga bisa membangun publik toilet seperti di Jakabaring. Utamakan dulu di pusat keramaian dan tempat wisata. Jadi tolong pak Najib ya, seriusi untuk yang satu ini,” tegas Alex kepada Pjs Walikota Palembang, Akhmad Najib.

Dalam kesempatan itu, Alex Noerdin juga sempat menyampaikan harapannya kepada pihak kepolisian agar dapat menindak tegas oknum yang melakukan perusakan dan mencoret- coret fasilitas umum di Kota Palembang.

“Yang corat-coret, Pak Polisi tolong tangkap, bayangkan ratusan tiang LRT itu kalau di coret-coret dengan nama geng yang gak jelas. Tangkap dan suruh orang tuanya mengecat ulang pake duit sendiri biar mereka jera,” pinta Alex. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here