Antisipasi Karhutla, Polsek Muara Kelingi Cek Perusahaan Sawit  

153
CEK---Kapolsek Muara Kelingi, AKP Agus Hendri, SH (kiri) saat memeriksa peralatan antisipasi karhutla di salah satu perusahaan kelapa sawit. (FOTO : SS1/Hengky)

Muarabeliti, SumselSatu.com

Aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Muara Kelingi, Kepolisian Resor (Polres) Musi Rawas (Mura) terjun langsung ke area perkebunan kelapa sawit guna mengecek kesiapsiagaan pihak perusahaan dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kegiatan ini sesuai dengan instruksi pemerintah pusat dan Gubernur Sumsel untuk mengantisipasi terjadinya karhutla dalam menyambut perhelatan Asian Games.

Pengecekan peralatan siaga penanganan karhutla dilakukan Kepala Polsek (Kapolsek) Muara Kelingi, AKP Agus Hendri, SH di perkebunan kelapa sawit PT PP London Sumatera (Lonsum) Tbk Gunung Bais Estate, Kecamatan Muara Kelingi. Kapolsek melihat langsung peralatan dan petugas penanggulangan bahaya kebakaran (PBK) yang dimiliki perusahaan.

Kepala Polres (Kapolres) Mura AKBP Bayu Dewantoro, SIK, MM melalui Kapolsek Muara Kelingi, AKP Agus Hendri menegaskan, pihaknya senantiasa turun memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pelarangan pembakaran hutan dan lahan. Petugas Polsek juga menyebar brosur berisi maklumat Kapolda Sumsel.

“Kita senantiasa turun dan petugas Babinkamtibmas secara berkesinambungan memberikan pemahaman terhadap masyarakat, untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan saat membuka lahan pertanian ataupun perkebunan,” jelas Kapolsek AKP Agus Hendri, Jumat (4/5).

Kapolsek menambahkan, petugas kepolisian juga turun ke perusahaan untuk peduli dan sigap melakukan penanganan karhutla. Seperti, menyiapkan sarana dan prasarana antisipasi karhutla dan turun memberikan penyadaran pada masyarakat.

“Kita cek dan lihat langsung peralatan penanganan karhutla yang dimiliki perusahaan. Bahkan, melihat langkah perusahaan membuat sejumlah langkah mengantisipasi terjadinya karhutla,” tegas dia.

Agus Hendri menjelaskan, langkah perusahaan dalam mengantisipasi karhutla seperti membuat sekat kanal, embung air, dan membuat menara pantau api. Perusahaan juga harus membentuk masyarakat peduli api (MPA).

“Kami harapkan seluruh masyarakat peduli terhadap antisipasi karhutla. Sebab, Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games,” ujar Kapolsek.

Pada kesempatan ini, Estate Manager Gunung Bais PT PP Lonsum Tbk, Parlaungan Hasibuan mengatakan, pihaknya menyambut baik langkah aparat Polsek Muara Kelingi yang senantiasa turun memberikan imbauan kepada masyarakat dan melakukan pengecekan di lapangan terkait antisipasi karhutla. Selain itu, aparat juga berkesinambungan turun mengimbau dan memberikan penyadaran ke masyarakat untuk menjaga kamtibmas bersama serta menyambangi tempat pengumpul buah kelapa sawit agar tidak membeli buah kelapa sawit hasil curian.

“Kami siap mengantisipasi terjadinya karhutla. Sesuai instruksi yang diberikan. Namun kami juga mengharapkan partisipasi seluruh komponen masyarakat. seperti aparatur desa, turut memberikan pemahaman masalah karhutla di masyarakat,” pungkasnya. #gky 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here