Disdik Bakal Ambil Alih Tes PPDB

67
Boony Syafrian

Palembang, SumselSatu.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel bakal mengambil alih pelaksanaan tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun depan. Hal tersebut dilakukan agar tidak lagi terjadi kisruh dalam pengumuman antara pihak sekolah dan orang tua.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Provinsi Sumsel, Boony Syafrian mengatakan, keputusan mengambil alih proses PPDB SMAN tersebut sebagai sikap tegas Disdik Provinsi Sumsel karena kasus kisruhnya hasil pengumuman pelaksanaan PPDB SMAN 17 Palembang dengan orang tua siswa. Tujuannya agar kejadian yang sama tidak terjadi lagi.

“Bukan kita tidak percaya dengan sekolah, tetapi kalau pelaksanaan diakomodir disatu pusat saja tentu pelaksanaan PPDB akan menjadi lebih simpel dan lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, peralihan tes PPDB dari sekolah ke Disdik tersebut akan diatur dalam Peraturan Menteri. Akan tetapi, belum diatur secara jelas dalam Permendikbud seperti apa teknis di lapangan.

“Ini sebagai salah satu evaluasi yang kita lakukan usai pelaksanaan PPDB yang dilakukan di SMAN 1 dan SMAN 17 Palembang. Kebijakan ini juga untuk menjadikan pelaksanaan PPDB yang akuntabel dan transparan,” kata Bonny.

Pelaksanaan PPDB tahun depan, kata Bonny, tetap mengarah pasa penggunaan Ilmu Teknologi (IT). Bahkan, hasil ujian siswa dan perankingan bisa dilihat oleh masyarakat dan peserta secara langsung.

“Untuk kasus di SMAN 17, kita sudah memecat operator PPDB SMAN 17. Kita tetap berpacu dengan hasil ujian dan pengumuman secara manual dan tidak mengakomodir siswa yang lulus karena kesalahan pihak operator PPDB SMAN 17 Palembang,” pungkasnya. #nti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here