Enam Bus Sekolah Dioperasikan Disdik Mura

174
DIOPERASIKAN---Disdik Mura segera mengoperasikan sebanyak enam bus sekolah untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Musirawas, SumselSatu.com

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Musi Rawas (Mura) segera mengoperasikan enam bus sekolah. Hal itu untuk mengantisipasi pelanggaran dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Mura, H Sukamto mengatakan tahun 2018 mendatang Disdik mengoperasikan enam unit bus sekolah. Dua diantaranya menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dan empat unit lainnya dari dana anggaran pendapatan asli daerah (APBD).

“Pengadaan bus sekolah ini untuk mengantisipasi pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi baik sepeda motor maupun angkutan umum. Sebab, jika menggunakan kendaraan umum banyak pelajar naik secara bergelantungan di kendaraan dan membahayakan jiwa,” tegas Kadisdik Mura, H Sukamto, Selasa (19/12/2017) di ruang kerjanya.

Menurutnya, untuk satu bus sekolah menelan dana sebesar Rp600 juta. Dengan kapasitas sebanyak 23 kursi dan jika berdiri ada seperti angkutan umum lainnya dengan jumlah banyak. Karena diutamakan untuk pelajar sekolah menengah pertama (SMP). Untuk pengoperasian bus masih menunggu petunjuk dari Bupati Mura H Hendra Gunawan.

“Jika ada wali murid yang ingin menyumbangkan sesuatu, seperti uang, silahkan saja kepada sopir, karena bus dioperasikan secara gratis. Sebab, untuk menjadi pengemudi bus sekolah melalui prosedur yang ada seperti memiliki SIM B1 dan sehat jasmani rohani. Tidak terindikasi narkoba,” jelas dia.

Kadisdik menjelaskan untuk pengoperasiannya kemungkinan awal tahun 2018 mendatang. Dan langsung memberikan pelayanan kepada anak-anak sekolah dengan mekanisme dan penempatan yang telah diatur.

Jika hari libur nasional atau lainnya. Bus sekolah akan diparkirkan di Disdik Mura. Jika tidak dititipkan di SMP terdekat. Namun, jika hari sekolah maka diparkirkan di sekolah terdekat.

“Semuanya diatur dan dilakukan pengawasan langsung. Tujuannya untuk mempermudah pelajar sekolah mendapatkan angkutan ke sekolah maupun pulang sekolah. Terutama meminimalisir pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. #gky

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here