Fasilitas Rusak, Pelayanan Kesehatan Harus Tetap Jalan

27
TINJAU LOKASI-Bupati OKI Iskandar meninjau lokasi bangunan yang rusak dihantam angin puting beliung.

Kayu AgungSumselSatu.com

Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Iskandar meninjau langsung kondisi Kecamatan Pedamaran yang rusak berat akibat terjangan bencana angin puting beliung, Rabu (18/11/2017). Dalam kesempatan itu Iskandar turun tangan melihat langsung kondisi pusat pelayanan kesehatan bagi warga Kecamatan Pedamaran tersebut.

Orang nomor satu di Bumi Bende Seguguk ini mengintruksikan kepada kepala dinas kesehatan dan jajaran puskemas pedamaran  agar pelayanan kesehatan tetap berjalan, meski sebagian atap pusekesmas runtuh akibat terjangan puting beliung.  

“Kedatangan saya ke sini (Pedamaran-red) untuk memastikan sejauh mana dampak yang ditimbulkan akibat bencana angin puting beliung yang merusak atas puskesmas dan puluhan rumah warga,” kata Iskandar. 

Dalam kesempatan tersebut, Iskandar sempat berbincang dengan sejumlah petugas kesehatan yang masih berjaga di puskesmas, sementara bagian pelayanan sudah tampak sepi karena hari sudah cukup siang.

Menurutnya,  adanya bencana ini kiranya tidak menghentikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

”Pelayanan kesehatan tidak boleh terhenti,  kalau ada ruangan yang rusak, kan masih bisa pakai ruangan lainnya,” katanya.

Bupati meminta kepada instansi terkait agar dapat secepatnya untuk melakukan perbaikan bagunan yang mengalami kerusakan. “Saya minta perbaikan dilakukan segera, agar pelayanan warga bisa maksimal,” ujarnya. 

Selain itu dirinya juga meminta kepada petugas kesehatan untuk melakukan patroli keliling untuk memantau warga jika ada yang menjadi korban bencana puting beliung. 

“Bencana ini memang cukup banyak memberikan dampak pada masyarakat,  meskipun tidak semua yang terkena dampak serius, jadi saya minta petugas terkait coba patroli keliling kampong untuk memastikan kesehatan warga,” katanya. 

Bupati juga merasa prihatin dan meminta kepada masyarakat untuk dapat mengambil hikmah dibalik bencana angin puting beliung yang menerpa masyarakat pedamaran. “Semoga kita dapat mengambil hikmah dibalik bencana yang terjadi ini,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu Iskandar juga menyerahkan bantuan uang tunai Rp 20 juta kepada camat Pedamaran untuk membantu warga yang manjadi korban angin puting beliung.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan HM Lubis, SKM, M Kes, mengatakan,  pelayanan di Puskemas Pedamaran tetap berjalan seperti biasa. “Meski ada beberapa ruangan yang mengalami kerusakan,  tetapi pelayanan tetap berjalan seperti biasa, kita gunakan ruang rawat inap dan Uni Gawat darurat (UGD),” ungkapnya. 

Untuk membantu pelayanan masyarakat,  pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada jajaran Puskesmas Mulya Guna dan Sugih Waras untuk membackup pelayanan. 

“Jadi selain petugas medis,  kendaraan ambulance dari puskesmas tersebut juga di stanbykan,  mereka juga melakukan patroli untuk menjangkau mungkin ada warga yang menjadi korban,” katanya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here