FE UTP Gelar Seminar Nasional Perbankan Syariah

39
SEMINAR NASIONAL---Suasana Seminar Nasional Profetika Manajemen Perbankan Syariah dari Perspektif Praktis di Aula Fakultas Ekonomi UTP, Rabu (18/5/2022). (Foto: SS 1/Ari).

Palembang, SumselSatu.com

Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang (FE UTP) menggelar Seminar Nasional dengan tema ‘Profetika Manajemen Perbankan Syariah dari Perspektif Praktis’┬ádi Aula FE UTP, Rabu (18/5/2022).

Seminar Nasional ini menghadirkan
Praktisi Perbankan di Institut Keuangan Syariah Kgs Mohammad Tohir Gadjahnata, SE, Ak, MM, CA. Kegiatan dibuka Dekan FE UTP Dr Msy Mikial, SE, MSi, Ak, CA, CSRS, dengan moderator Wakil Dekan I FE UTP Dr M Ima Andriyani, SE, MSi.

Moderator acara sedang memandu jalannya Seminar Nasional Perbankan Syariah.

Ikut hadir Wakil Rektor 2 UTP Hj Nina Fitriana, SE, MSi, Wakil Rektor 3 UTP Syaiful Sahri, SE, MSi, Wakil Dekan 2 FE UTP Hj Agustina Marzuki, SE, MSi, dan Wakil Dekan 3 FE UTP Amrillah Azrin, SE, MM.

Praktisi Perbankan di Institut Keuangan Syariah Kgs Mohammad Tohir Gadjahnata.

“Saya sangat suka interaksi peserta seminar yang luar biasa, di mana para dosen sangat aktif. Banyak pertanyaan yang dilontarkan tidak saya duga karena sangat teknis dan mendalam,” kata
Kgs Mohammad Tohir Gadjahnata.

Direktur Keuangan & Umum (Operasional) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pusat periode 2016-2017 ini mengatakan, melalui Seminar Nasional diharapkan dapat sharing dari sisi teknis perbankan syariah.

“Dosen memahami sisi teori, dan kita gabungkan dan sinergi dari sisi praktis dan teorinya. Mudah-Mudahan dapat menambah pengayaan wawasan ilmu perbankan syariah untuk Civitas Akademika Fakultas Ekonomi UTP.
Saya berharap ke depan FE UTP dapat maju dan berkembang menjadi universitas terkemuka di antara universitas di Indonesia,” harap Tohir.

Para peserta Seminar Nasional Profetika Manajemen Perbankan Syariah dari Perspektif Praktis.

Di awal seminar, Kepala Cabang Bank Syariah Mandiri Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), 2008-2010 ini menjelaskan tentang Terminologi Bank Syariah.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2018 tentang Bank Syariah, bahwa Bank Syariah adalah bank yang kegiatan usahanya dilakukan berdasarkan prinsip syariah. Sedangkan prinsip syariah adalah aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam.

“Asas pengelolaan Bank Syariah antara lain syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas,” katanya.

Dekan FE UTP Dr Msy Mikial.

Sementara Dekan FE UTP Dr Msy Mikial sangat mengapresiasi kegiatan yang sifatnya memajukan kegiatan FE UTP, seperti Seminar Nasional bertema ‘Profetika Manajemen Perbankan Syariah dari Perspektif Praktis’.

Kegiatan ini, lanjut Mikial, dilakukan dalam rangka mendukung Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka kerja sama dengan praktisi dan sharing antara teori dan praktik perbankan syariah.

“Kami sebagai akademisi biasanya memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang teoritis. Alangkah baiknya memahami dalam sisi praktis. Oleh karena itu kami coba datangkan narasumber kompeten dalam bidang perbankan syariah,” ujar Mikial.

Mikial mengatakan, FE UTP memiliki mata kuliah yang berhubungan dengan perbankan syariah. Di antaranya, Manajamen Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah dan Perbankan Syariah.

“Semoga dengan adanya seminar ini dapat menambah pengalaman dan wawasan dosen maupun mahasiswa tentang Manajemen Syariah dan Akuntansi Syariah. Apalagi narasumber yang dihadirkan cukup berkompenten karena pengalamannya cukup lama di Bank Syariah,” ujar dia. #fly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here