Gol Marinus Bungkam Permainan Kasar Timor Leste

45
Selebrasi gol Marinus Mariyanto

Kuala Lumpur, SumselSatu.com- Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 1-0 dalam pertandingan sepak  SEA Games 2017 di Stadion Selayang, Selangor, Malaysia, Minggu (20/8/2017). Gol tunggal Timnas tercipta lewat sundulan Marinus Manewar pada menit ke-21. 

Pemain Persipura Jayapura ini membobol gawang Fagio Fereira setelah memanfaatkan umpan terukur Septian David Maulana dari sisi kanan penyerangan. Wanewar yang tidak terkawal membobol gawang Timor Leste lewat sundulan dari jarak dekat.

Indonesia tampil lebih dominan di babak pertama. Tapi, penjagaan lawan yang cukup rapat membuat para pemain kerap kesulitan saat memasuki kotak penalti lawan. 

Karena itu, umpan silang lebih sering jadi andalan Evan Dimas cs dalam menyerang. Sayangnya, hanya satu yang berbuah gol. Di babak kedua, permainan timnas justru menjadi lebih kendur, sehingga permainan kedua tim menjadi lebih imbang. Indonesia sempat mendapat satu peluang emas, tapi tembakan keras Saddil Ramdani berhasil diblok kiper lawan.

Timor Leste sendiri tampil lebih ngotot di babak kedua dan beberapa kali mampu menekan Indonesia. Namun, tak ada peluang mereka yang berbuah gol. Pada saat injury time terjadi insiden ketika salah seoarang pemain timnas mendapat pelanggaran keras dari dua pemain lawan. 

Terjadi kericuhan kecil setelahnya dan Evan Dimas sempat ditendang lawan. Wasit akhirnya memberikan kartu merah buat pemain Timor Leste, Felipe Oliviera, serta kartu kuning buat Evan Dimas dan Marinus.

Dalam laga ini, pelatih Luis Milla melakukan rotasi pemain besar-besaran. Marinus dipilih menjadi starter menggantikan Ezra Walian. Milla juga menempatkan Osvaldo Hay dan Febri Hariyadi sebagai starter di sektor sayap. 

Di lini belakang Gavin Adsit juga jadi pilihan utama menggantikan Putu Gede, sedangkan peran Hargianto di lini tengah diisi Hanif Sjahbandi.

Pada menit ke-67, kiper Kartika Ajie cedera dan harus digantikan Satria Tama. Sedangkan Asnawi Mangkualam masuk pada menit ke-80 menggantikan Hanif Sjahbandi. Bagi Timnas Indonesia U-22 kemenangan ini sangat berharga untuk menjaga peluang ke semifinal. 

Kini Indonesia mengemas nilai 7 dari 3 laga. Thailand (nilai 4) dan Vietnam (nilai 6) baru akan bermain malam ini, masing-masing melawan Kamboja dan Filipina. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here