Guru di Kayu Agung Bakal Dipindah ke Sekolah Terpencil

73
Kepala Dinas Pendidikan OKI H Masherdata Musa’i

Kayu Agung, SumselSatu.com

Sejumlah sekolah terpencil atau yang berada di pelosok desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sangat membutuhkan tambahan guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Kebutuhan akan guru PNS di pelosok desa ini lantaran masih banyak guru-guru di OKI yang berstatus PNS menumpuk di wilayah perkotaan, khususnya di Kayu Agung.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan OKI, untuk guru TK/SD yang berstatus PNS sebanyak 3.911 orang, tingkat SMP sebanyak 915 orang dan SMA sebanyak 587 orang.

Namun sayangnya, kebanyakan guru ini banyak bertugas di perkotaan, sehingga kemajuan dunia pendidikan di pelosok desa sulit diterapkan.

“Berdasarkan hasil roadshow Bupati OKI H Iskandar pada pekan lalu, ditemukan banyak sekali sekolah di wilayah pelosok dan terpencil yang kekurangan guru berstatus PNS. Warga banyak mengadukan permasalahan itu, warga meminta penempatan guru PNS di desa mereka, karena yang berstatus PNS di sekolah itu hanya kepala sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan OKI H Masherdata Musa’i, Kamis (7/12/2017).

Menurut dia, terjadinya ketimpangan tenaga pendidik di wilayah perkotaan dan pelosok desa, khususnya yang berstatus PNS ini lantaran memang sejak beberapa tahun terakhir, tidak adanya penerimaan CPNS guru dari jalur umum.

“Jadi kebanyakan guru PNS itu tugasnya di wilayah perkotaan atau kecamatan yang dekat dengan ibukota kabupaten. Selama ini, tidak ada guru PNS yang mau ditempatkan di pelosok. Namun ke depan kita tidak bisa membiarkan hal ini, mau tidak mau kita harus menempatkan guru-guru PNS ke pelosok sesuai dengan kebutuhan dan jumlah siswa,” bebernya. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here