Hadapi Thailand, Timnas Wajib Menang

84
Samuel C. Simanjuntak, andalan Timnas Indonesia U-19 di sektor kiri pertahanan. (Dok. PSSI)

Yangon, SumselSatu.com

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 akan menghadapi Thailand di semifinal Piala AFF U-18 2017. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Thuwunna, Myanmar, Jumat (15/9/2017) pukul 15.30 WIB.

Indonesia memastikan tiket lolos ke semifinal usai mengalahkan Brunei Darussalam di laga terakhir penyisihan Grup B, Rabu 13 September 2017 sore WIB. Tim asuhan Indra Sjafri itu menang telak dengan skor 8-0. Di laga lainnya, Myanmar mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 2-1.

Dengan hasil tersebut, Indonesia keluar sebagai juara Grup B dengan raihan sembilan poin. Myanmar juga mengoleksi poin yang sama dengan Indonesia, namun Egy Maulana Vikri dan kolega unggul selisih gol dari tim tuan rumah.

Secara total, Indonesia memiliki jumlah selisih gol 15 sedangkan Myanmar dan Vietnam hanya 14. Myanmar menang head to head dan berhak untuk lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup B mendampingi Garuda Nusantara -julukan Timnas U-19.

Di semifinal, Indonesia berjumpa Thailand yang berstatus sebagai runner-up Grup A. Sebenarnya, Tim Gajah Putih itu memiliki poin yang sama dengan Malaysia yakni 13 poin. Namun, Malaysia unggul selisih gol lebih banyak, yakni 10 berbanding Thailand yang hanya mengemas tujuh. Dengan begitu, laga semifinal lainnya mempertemukan Malaysia melawan Myanmar.

Tentu Indonesia mengincar kemenangan atas Thailand di semifinal nanti demi tampil di partai puncak. Terakhir kali, Garuda Nusantara menjadi juara Piala AFF U-18 adalah pada 2013. Kala itu mereka mengalahkan Vietnam melalui drama adu penalti (7-6) setelah bermain imbang 0-0.

Bagi Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri, melawan Thailand ataupun Malaysia di babak semifinal Piala AFF U-18 sebenarnya sama saja. Kedua tim tersebur dinilai memiliki skuat yang solid. Karenanya, pada laga esok hari nanti, mantan pelatih Bali United itu meminta para pemain Timnas U-19 untuk bermain dengan hati dan bekerja keras hingga peluit akhir dibunyikan.

“Setelah kita menunggu, akhirnya kami akan melawan Thailand dan Indonesia ke semifinal dengan status juara Grup B. Pemain harus kerja keras, fokus, berjuang maksimal serta doa dari bangsa Indonesia, kami yakin mampu mengalahkan Thailand,” ujar Indra Sjafri.

Untuk mempersiapkan diri melawan Thailand, Timnas U-19 hari ini, Kamis (14/05/17) hanya menjalani satu kali latihan. Hal itu dilakukan sebagai langkah recovery dan menjaga kondisi pemain agar tidak terkuras karena mepetnya jadwal bertanding. Indra Sjafri berharap anak asuhnya tetap menjaga fokus dan konsentrasi sehingga nantinya bisa memenangkan pertandingan.

“Hari Kamis sore kami akan satu kali latihan jelang lawan Thailand. Recovery pemain jadi perhatian kami karena jeda istirahat hanya satu hari. Kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U-18 tahun 2017 ini,” tutur pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 itu. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here