Hadir di Istana Negara, SBY Menyalami Mega

51
SBY menyalami Mega

Jakarta, SumselSatu.com – Di luar prediksi banyak orang, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) datang ke Istana Negara dan menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-72. Kedatangannya tersebut, ‘mematahkan’ informasi yang beredar sebelumnya, jika SBY tidak bisa datang karena tengah sibuk mempersiapkan tur kemerdekaan.

Seperti diberitakan detikcom, sebelumnya elite Partai Demokrat (PD) sempat menyatakan sang ketum, SBY, tak hadir dalam sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2017. SBY disebut tengah sibuk mempersiapkan peringatan HUT ke-72 RI.

“Beliau mau ada acara tur kemerdekaan di Jateng, Jatim, Yogya. Nanti kita akan rapat nanti sore, untuk memperingati hari kemerdekaan RI ke-72,” ujar Waketum PD Roy Suryo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

“Besok (17/8) juga nggak bisa datang di upacara kemerdekaan di Istana ya karena ada tur kemerdekaan,” sambung Roy.

Namun demikian, SBY nyatanya menunjukkan sikap negarawan sejati seperti yang diserukan PDIP jika negarawan mestinya hadir ke Istana. Akhirnya, kehadiran SBY melengkapi pertemuan hangat empat Presiden RI di Istana yakni Presiden Jokowi, Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan SBY yang merupakan Presiden RI ke-6.

Peringatan HUT RI di Istana pun berlangsung hangat dalam suasana syahdu. Tebakan Roy meleset namun elite PD sumringah pasca peristiwa menyejukkan tersebut.

“Alhamdulillah. Di situlah kita bisa menilai kenegarawanan Pak SBY, Bu Mega, Pak Jokowi juga Pak Habibie dan tokoh-tokoh kita kemarin yang sangat melegakan seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Roy melalui pesan singkat, Jumat (18/8).

Roy mengakui, dirinya juga berada di Istana Negara dan menyaksikan momen tersebut. PD bersyukur atas peristiwa bersejarah itu.

“Saya kebetulan ada di lokasi tersebut kemarin. Jadi benar-benar bisa menjadi saksi peristiwa yang sangat bersejarah tersebut. Terima kasih semuanya. Sekali lagi, Alhamdulillah kita haturkan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” tutur Roy.

SBY dan Megawati bersalaman di Istana Merdeka dalam acara perayaan HUT ke-72 RI. Dari foto yang diterima detikcom, terlihat SBY yang mengenakan baju adat betawi menghampiri tempat duduk Megawati yang mengenakan baju berwarna krem. (min)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here