Jaga Fisik, Prajurit Kodam Lari Sejauh 3,2 Kilometer

39
OLAHRAGA-Prajurit Kodam II Sriwijaya menggelar olahraga rutin untuk meningkatkan dan menjaga kondisi fisik, Selasa (10/10/2017).

Palembang, SumselSatu.com

Kodam II/Swj terus membina fisik prajuritnya agar senantiasa dalam kondisi prima dengan melaksanakan berbagai program pembinaan satuan, di antaranya melalui kegiatan olahraga bersama secara rutin, setiap hari Selasa dan Jumat maupun hari-hari libur secara insidentil.

Selain itu, secara terprogram juga melaksanakan latihan beladiri militer. Pembinaan fisik secara terprogram dan berkesinambungan ini merupakan salah satu penjabaran dari sasaran kebijakan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Mulyono dalam pembinaan satuan, yakni mewujudkan prajurit TNI AD yang berdisiplin, jago perang, jago tembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima.

Dalam rangka membina stamina fisik yang prima, usai apel pagi segenap prajurit dan PNS Kodam II/Swj, Selasa (10/10/2017), melaksanakan olahraga bersama. Olahraga bersama diawali dengan senam peregangan/pemanasan, kemudian dibentuk per peleton sesuai kemampuan fisik masing-masing.

Pada olahraga rutin ini, seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj dengan mengenakan seragam olahraga erobik melaksanakan lari terpimpin sambil bernyanyi, sejauh 3,2 kilometer di jalanan di sekitar Markas Kodam II/Swj. Selesai lari, seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj melaksanakan penguatan berupa pull up, push up, dan sit up.

Kapendam II/Swj Letkol Inf Imanulhak, S Sos, menjelaskan, bahwa peningkatan kemampuan fisik prajurit satuan jajaran Kodam II/Swj merupakan salah satu fokus pimpinan dalam pembinaan satuan. Seluruh prajurit Kodam II/Swj harus memiliki fisik yang prima dan harus lulus tes kesegaran jasmani. Setiap semester prajurit maupun PNS Kodam II/Swj juga diwajibkan melaksanakan tes kesegaran jasmani, termasuk ketangkasan renang militer dasar.

“Fisik yang sehat dan kuat merupakan salah satu modal dasar prajurit yang harus dimiliki prajurit. Jasmani yang prima, akan mendukung keberhasilan tugas yang diembankan oleh negara kepada prajurit Kodam II/Swj,” ujar Letkol Inf Imanulhak.

Sementara itu, Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki selaku pengambil apel sebelum kegiatan olahraga menekankan kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk senantiasa berhati hati dalam berkendara / berlalu lintas dengan mematuhi aturan / ketentuan berkendaraan, guna mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here