Jelang Ramadan, Kurma Mulai Penuhi Pasar

129
Kemasan buah kurma yang mulai dipajang di lapak salah satu pedagang buah di Pasar 16 Ilir, Palembang, Senin (7/5). (FOTO: Ardi)

Palembang, SumselSatu.com

Bulan Ramadan segera tiba. Buah kurma yang sering menjadi menu berbuka puasa, mulai memenuhi pasar. Kurma atau tamar memang mempunyai berbagai kelebihan dan kebaikan untuk kesehatan.

Pantauan, Senin (7/5), di Pasar 16 Ilir, Kota Palembang, mulai terlihat kedatangan buah kurma impor. Para pedagang buah menaruh kurma di bagian depan lapaknya. Mualim (56), salah satu penjual buah, mengatakan, mendekati bulan Ramadan, stok buah dan omset selalu meningkat setiap tahunnya. Dia pun mengaku setiap Ramadan, buah yang kerap dicari pembeli yakni kurma.

“Kalau sudah mendekati puasa kurma banyak dicari oleh pembeli. Alhasil kita akan nyetok kurma banyak,” ujar Mualim.

Seiring meningkatnya penjualan kurma menjelang dan selama Ramadan, keuntungan para pedagang pun meningkat lebih dari lima kali lipat dari hari biasa.  “Pendapatan bisa meningkat, apa lagi kurma menjadi buah paling banyak dicari,” ujarnya.

Mengenai harga, menurut Mualim, harga kurma bervariasi tergantung jenis kurma. Harga dipatok mulai Rp10 ribu hingga Rp70 ribu

Lanjutnya, untuk harga buah dirinya menjual berpariasi tergantung jenis kurmanya, ada jenis premium dan ada yang biasa. “Harga yang biasa Rp40 ribu/kg. Bisa juga beli setengah atau seperempat kilogram. Tapi untuk merek Palm Fruit dijual Rp50 ribu/kotak isi 500gram, sedangkan untuk kemasan kecil dengan merek yang sama seharga Rp25 ribu. Lain dengan jenis kurma premium, kemasan kotak isi 1kg dijual seharga Rp100 ribu,” ujar Mualim.

Permintaan akan kurma diyakini bakal terus meningkat hingga Ramadan dan selama Ramadan. Harga pun diprediksi bakal ikut naik.  “Harga bisa naik menjelang puasa tergantung permintaan,” pungkasnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here