Jerman Juara Piala Konfederasi untuk Kali Pertama

32
Jerman juara Piala Konfederasi

Saint Petersburg, Sumselsatu.com – Tundukkan tim Cile dengan gol tunggal, tim nasional (timnas) Jerman berhasil meraih Piala Konfederasi 2017 pada laga final di Stadion Krestovsky, Minggu (2/7/2017).

Gol tunggal tim Der Panzer tersebut tercipata pada menit ke-20 dari kaki Lars Stindl.

Dengan kemenangan itu, Jerman berhasil menyandingkan gelar juara dunia pada 2014 dengan Piala Konfederasi. Bagi tim asuhan Joachim Loew, ini adalah gelar pertama di ajang yang mempertemukan juara dari tiap konfederasi.

Cile bermain lebih agresif sejak sepak mula. Tim berjulukan La Roja sampai melepaskan lima tembakan berbanding satu upaya milik Jerman dalam seperempat jam awal.

Pada menit ke-20, gelandang Cile, Arturo Vidal, melesakkan tembakan keras dari luar kotak penalti yang diblok kiper Jerman, Marc-Andre ter Stegen.

Ironis karena cuma dalam hitungan detik, Der Panzer melakukan tekanan ke pertahanan Cile yang berujung gol pembuka akibat kesalahan fatal gelandang Marcelo Diaz.

Sebagai orang terakhir di pertahanan sebelum kiper, Diaz menerima umpan pendek rekannya, lantas mengontrol bola tanpa mengawasi pergerakan Timo Werner di sisi kanannya.

Werner mencuri bola, mengecoh kiper Claudio Bravo, dan umpannya sukses dituntaskan Stindl secara mudah tanpa kawalan berarti dari awak Cile.

Baca: Seekor Beruang Kutub Prediksi Jerman Menjuarai Piala Konfederasi 2017

Gol itu lahir dari tembakan kedua Jerman dalam laga ini. Setelahnya, pasukan Joachim Loew semakin percaya diri. Mereka ganti menekan Cile mendekati waktu jeda.

Setidaknya, Jerman punya kans menambah gol lewat tiga peluang penting melalui dua tembakan Leon Goretzka dan satu shot Julian Draxler yang meleset.

Babak pertama ditutup oleh dominasi Cile soal penguasaan bola di atas 60 persen dan keunggulan jumlah peluang (dua belas tembakan berbanding lima).

Memasuki babak kedua, La Roja berupaya keras menyamakan skor. Segunduk usaha menembus pertahanan rapat Jerman yang gagal membuahkan hasil membuat awak Cile frustrasi hingga muncul sejumlah kemelut dan kontak fisik sengit.

Ter Stegen menggagalkan dua peluang bagus Cile lewat tembakan Edu Vargas dan Charles Aranguiz. Pun peluang emas terakhir Cile lewat eksekusi tendangan bebas Alexis Sanchez di menit-menit terakhir.

Tak ada gol tercipta, titel kampiun pun melayang ke tangan Jerman. (min/kcm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here