Kemas Pasang Target Naik Podium

119
Kemas Haikal

Indralaya, SumselSatu.com – Pebalap tuan rumah Sumatera Selatan (Sumsel) Kemas Haikal, memasang target meraih podium pada seri pertama Kejurnas Speed Rally dan Sprint Rally di Lintasan Tanjung Senai, Ogan Ilir, 19-20 Agustus 2017. Haikal yang dijumpai di lintasan seusai uji coba, Jumat, (18/8) mengatakan, bahwa targetnya cukup realistis karena pada ajang serupa pada 2008 berhasil menjadi peringkat pertama.

Menurutnya, itu menjadi rally terakhir yang ia ikuti, meski sudah lama tidak turun, ia cukup percaya diri dapat naik podium.

“Setelah digelar 2008, baru kali ini digelar lagi di Sumatera Selatan. Tentunya saya ingin menang, apalagi menjadi satu-satunya wakil dari tuan rumah,” kata Haikal.

Ia hanya berharap saat balap tidak turun hujan, mesko sudah menyiapkan dua ban, buat lintasan basah dan kering, tapi lintasan kering tetap jadi favorit. Kata dia, lintasan Tanjung Senai ini berdebu, saat diguyur hujan akan lebih licin lagi.

“Saya berharap besok (hari ini-red) cuaca panas sehingga saya bisa memacu kemampuan sebaik-baiknya karena arena di Tanjung Senai ini sangat disukai pebbalap,” kata Kepala UPTD Parkir Dishub Kota Palembang.

Pria yang telah menjajal arena balap sejak tahun 90-an ini akan bergabung dengan Fina Bosowa Rally Team bersama delapan pebalap lainnya. Ia akan turun pada nomor F1 sprint rally 1.300 cc dengan menggunakan mobil Mitsubishi Mirage.

Bersama navigatornya, M Zaki, ia berharap bisa melampaui top speed 120 km/jam yang pernah dicetak di arena Tanjung Senai. Disinggung soal pesaing beratnya, Haikal menyebut jika semua punya peluang. Hanya saja Rian Nirwan dari Kalimantan, punya kemampuan. Dia pembalap yang sangat cepat dan akan menjadi saingat berat baginya.

Bukan hanya Haikal yang menyebut lintasan Tanjung Senai ini sangat memacu adrenalin pebalap. Ketua Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia Sadikin Aksa mengatakan beradu cepat di arena Tanjung Senai tidak pernah dilupakannya karena pernah menggeber speed hingga 200 km/jam di tikungan.

“Lintasan lurus mencapai 4,5 km membuat pebalap dapat memacu kecepatan hingga top speed,” katanya.

Sementara itu 24 pebalap nasional peserta Kejurnas Rally mulai menjajal lintasan di Tanjung Senai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat. Tim-tim yang ambil bagian Fina Bosowa Rally Team, Bintang Otomotif, Speed Line Motorsport, GT Racing 4 Motorsport, Best Parkir Rally Team, BRM Motorsport.

Di tempat berbeda, pebalap asal Medan Edi WS mengatakan, ini jadi lintasan terbaik. Itu karena lintasan tidak ada batu atau kerikil.

“Lintasan bagus karena mulus, dan aman. Tidak ada pohon-pohon, semua sudah memenuhi standar,” ucapnya singkat.

Bupati OI HM Ilyas Panji Alam menyambut pujian dari peserta, saat ini pemkab menyediakan event Kejurnas yang diselenggarakan IMI kerja sama dengan Pemprov Sumsel, Pemkab OI

“Yang jelas kita bekerja dengan baik untuk memfasilitasi kejurnas rally ini. Sangat diharapkan kegiatan ini agar sukses, izinnya lancar lintasan sesuai standar. Mungkin dengan kegiatan ini pebalab nasional bisa melihat OI sebagai daerah potensial, bisa mengundang investor. Mudah-mudahan kegiatan berlangsung aman tertib tidak ada kecelakaan, jangan sampai ada masyarakat yang menyeberang di lintasan,” katanya. (Ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here