Lomba Drum Band dan Marching Band Palembang Open Digelar

105
PEMBUKAAN-Kegiatan pembukaan lomba drum band dan marching band, Kamis (8/2/2018).

Palembang, SumselSatu.com

Bertempat di lapangan Kamboja Jalan Mayor Santoso, Kelurahan D-3, Kecamatan Ilir Timur (IT) I Kota Palembang, digelar upacara pembukaan kejuaraan Drum Band dan Marching Band Palembang Open 2018. Kejuaraan ini memperebutkan piala bergilir Komandan Kodim 0418/Palembang dan Piala Ketua Umum PDRI (Persatuan Drum Band Indonesia) Kota Palembang, Kamis (8/2/2018).

“Dengan kejuaraan Drum Band dan Marching Band mari kita jalin persatuan dan kesatuan bangsa” yang diikuti oleh 79 Tim Drum Band maupun Marching Band yang ada di wilayah Sumsel dengan kategori mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat,” kata Komandan Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Romas Herlandes.

Letkol menyampaikan, dalam lomba Drum Band dan Marching Band se-Sumsel yang diselenggarakan oleh PDBI Kota Palembang yang di Ketuai oleh Wakil Walikota Palembang Ibu Fitrianti Agustinda ini bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan bela negara bagi generasi muda khususnya dikalangan pelajar tingkat TK, SD, SLTP dan SLTA/Sederajat selaras dengan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

Di dalam Marching Band yang meliputi berbagai macam alat, bila ditilik dari citra sejarah serta filosofinya dapat menjadi bagian pembinaan generasi muda bangsa Indonesia. Secara naratif bahwa mayoritas Drum Band berbicara tentang hal-hal positif, serta pengaruh sugestif bagi pembudayaan karakter maupun sikap mental generasi muda yang lebih berbudaya dan cerdas, serta secara psikologis berefek menentramkan jiwa, dapat dipastikan telah sebanding dengan ketekunan dan kedisiplinannya dalam berlatih.

“Disamping adanya motivasi dalam pribadi yang luar biasa kuat untuk maju, berkembang dan berprestasi, yang kesemua out come nya telah memenuhi Drum Band sebagai olah raga pendidikan, rekreasi dan prestasi yang mengacu kepada Permendiknas No. 39 Tahun 2008,” terang pria yang juga menjabat Dewan Pembina PDBI Kota Palembang itu.

Dandim menambahkan, setiap anak adalah unik, mereka memiliki kecerdasan masing-masing, dan anak terlahir dengan bekal kreatifitas dan kemandirian yang sungguh luar biasa. Akan tetapi, orangtua dan pendidik kurang memperhatikan dan memotivasi mereka.

“Bahkan tanpa kita sadari seiring dengan bertambahnya usia anak, kita justru seringkali mengendorkan kreastifltas dan kemandirian anak-anak. Orangtua harus mengapresiasi apapun dan bagaimanapun karya anak dengan memberikan fasilitas serta motivasi untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Dengan acara ini bisa turut memberikan ruang bagi anak-anak khususnya di Kota Palembang dan Sumsel pada umumnya dalam mengembangkan kreatifitas dan kemandirian anak,” harapnya.

Kegiatan yang akan digelar selama tiga hari ini, akan mempertandingkan materi kejuaraan Drum Band dan Marching Band kelas Display, Perkusi Kontes, Military Style dan Marching Band, The Best Mojorette, The Best Field Commander, The Best Uniform, The Best Favoritr dan Parade dengan Tim Juri Bpk Jumardin (Kalimantan Timur), Bpk Dicky Saldi (Jakarta) dan Bpk A. Mochtar Macik (Palembang). #ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here