Pemerintah Kota Palembang Gelar Seleksi JPT Pratama

66
Lelang Jabatan

Palembang, SumselSatu.com

Pemerintah Kota Palembang menggelar seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama untuk mengisi kekosongan jabatan di 5 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Palembang.

Seleksi ini merupakan wujud pelaksanaan amanat UU ASN, juga upaya peningkatan kompetensi dan profesionalisme serta reformasi birokrasi struktural di Pemerintahan Kota Palembang.

Demikian diutarakan Sekda Kota Palembang Harobin Mustofa saat membuka sesi paparan makalah dan wawancara oleh Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama OPD Kota Palembang, Kamis (14/12).

Pansel yang diketuai Sekda Kota Palembang terdiri dari Kepala BKPSDM Kota Palembang Ratu Dewa, Staf Khusus Walikota H Syafri Nungcik, serta unsur akademisi yaitu DR KM Sofyan dan DR Darmo Wijoyo.

Seleksi ini untuk mengisi kekosongan JPT Pratama di 5 dinas terdiri dari Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM).

Seleksi digelar selama tiga hari yaitu 14-16 Desember, diikuti 24 pejabat eselon III yang telah memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi JPT Pratama.

“Peserta akan disaring menjadi 3 besar untuk direkomendasikan kepada walikota untuk ditetapkan sebagai JPT Pratama di 5 OPD tersebut. Hasil seleksi ini juga akan dilaporkan ke Komisi ASN,” ujar Harobin.

Seleksi JPT Pratama OPD Kota Palembang terdiri dari beberapa tahapan yaiti assesment, portofolio, pembuatan dan paparan makalah, serta wawancara. Menurutnya, penilaian terbesar proses seleksi ini adalah pada assesment yaitu 40 persen, selanjutnya wawancara 30 persen, makalah 20 persen, dan penilaian portofolio atau rekam jejak sebesar 10 persen.

Dirinya mengimbau kepada peserta seleksi untuk serius dan fokus mengikuti seluruh tahapan seleksi. Dirinya berharap peserta seleksi dapat menunjukkan kualitas serta profesionalisme sebagai Aparatur Sipil Negara.

“Seleksi ini adalah sungguh-sungguh dan serius untuk menghasilkan JPT Pratama yang kompeten dan terbaik. Kuasai permasalahan dan persoalan, sebab sebagai calon pemimpin harus berani dan mampu mengatasi dinamika persoalan yang terjadi,” ujarnya. #yud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here