Penutupan Porprov XI, “Sampai Jumpa di Prabumulih 2019”

123
Wakil Gubernur Ishak Mekki saat menyerahkan piala juara umum Porprov XI Sumsel

Palembang, SumselSatu.com

Setelah dilaksanakan selama sepekan, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sumsel 2017 akhirnya secara resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, Minggu (26/11/2017) sore di stadion Atletik Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Kontingen Palembang kembali menjadi juara umum pesta olahraga terbesar di Sumsel ini dengan torehan 99 medali emas, 89 perak dan 97 perunggu. Diikuti oleh kontingen Musi Banyuasin di posisi kedua dengan catatan 91 emas, 83 perak dan 78 perunggu.

Ishak Mekki sendiri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan ajang Porprov XI Sumsel 2017.

“Hingga hari terakhir pelaksanaan, semua pertandingan berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti. Kami juga mengharapkan agar seluruh fasilitas olahraga internasional ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh atlet asli Sumsel yang bertanding ajang Porprov kali ini, sehingga kedepan di ajang Porwil maupun Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 nanti,” ujarnya saat menutup secara resmi Porprov XI Sumsel 2017.

Ketua pelaksana Porprov XI Sumsel 2017, Dhenny Zaenal menjelaskan bahwa ajang ini diikuti oleh 17 kabupaten/kota di Sumsel dan berlangsung selama sepekan. Sebanyak 2593 atlit putra, 1389 atlit puti, 603 pelatih dan 340 official tercatat menjadi bagian 4925 peserta di Porprov XI Sumsel.

Adapun cabor yang dipertandingkan sebanyak 27 tangkai olahraga dengan komposisi, 7 cabang terukur, 6 cabang beladiri, 4 cabang akurasi dan 10 cabang permainan serta memperebutkan 2858 keping medali baik emas, perak maupun perunggu.

Sebagai catatan, seluruh cabor dipertandingkan di Palembang kecuali cabor bermotor dan tinju yang dimainkan di kabupaten Lahat.

Porprov XI Sumsel sendiri menurutnya berjalan dengan lancar dan terjadi peningkatan kualitas hampir di seluruh cabor yang dipertandingkan. Palembang yang berhasil mempertahankan gelar juara umum terus mendapat persaingan yang ketat dari daerah lain di Sumsel.

Bila sebelumnya di Porprov X 2015 Lubuk Linggau selisih antara peringkat pertama dengan kedua cukup jauh yakni 45 medali emas, maka kini perolehan antara Palembang dan Muba hanya 8 medali emas saja.

Beberapa daerah pun terlihat mulai berhasil menunjukkan hasil pembinaanya di daerah seperti PALI yang 2 tahun lalu hanya meraih 5 medali emas, kini mulai melejit menjadi 24 medali emas yang diraih oleh atlet binaannya. Ke depan, Porprov XII 2019 akan kembali digelar di kabupaten Prabumulih. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here