Peresmian Trainset LRT Mundur Sepekan

82
TINJAU--- Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Nasrun Umar saat meninjau kereta dan Trainset LRT Palembang di PT INKA, Madiun beberapa waktu lalu. (FOTO : Rilis)

Palembang, Sumselsatu.com

Trainset kereta Light Rail Transit (LRT) direncanakan akan tiba di Pelabuhan Boom Baru kota Palembang pada Jumat (13/4/2018). Kedatangan trainset moda transportasi massal pertama di Palembang itu akan langsung disambut dengan seremonial peresmian.

Akan tetapi, pada rencana awal peresmian ini dijadwalkan sehari setelah kedatangan trainset LRT yakni Sabtu (14/4), akhirnya dimundurkan satu pekan menjadi Jumat (20/4/2018).

Hal ini disampaikan oleh kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nelson Firdaus setelah menggelar Rapat Persiapan Penyambutan Trainset LRT di Kantor Dinas Perhubungan, Selasa (10/4/2018).

“LRT merupakan moda transportasi massal pertama di tanah air. Palembang sendiri mendapat kehormatan sebagai kota pertama di Indonesia yang bakal menggunakan moda transportasi terbaru ini. Sehingga, kami berpikir untuk membuat semacam acara seremonial sebagai penyambutan trainset tersebut,” kata Nelson.

Nantinya, pada acara penyambutan, akan mengundang tokoh-tokoh penting yang telah berjasa menghadirkan LRT Sumsel di Palembang. Selain itu, pihaknya juha berencana menghadirkan Gubernur Sumsel yang sekaligus meresmikan kehadira Trainset ini.

Nelson juga menjelaskan, saat ini trainset telah dikemas ke dalam kapal dan sedang dalam proses pelayaran dari pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju pelabuhan Boom Baru Palembang.

“Dijadwalkan tiba di sini 13 April. Selanjutnya, setelah acara penyambutan bakal dikirim melalui jalur darat menuju Depo Jakabaring,” katanya.

Menurut Nelson, meski ada jeda waktu yang cukup panjang dari tibanya LRT sampai acara penyambutan, namun hal itu tidak akan menunda jadwal uji coba atau conditioning trainset LRT di jalur.

“Persiapan juga diperlukan untuk mengangkut trainset ke Depo Jakabaring. Kalaupun jeda waktunya panjang, tapi uji coba tetap sesuai dengan jadwal,” tukasnya. #ard

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here